Cegah Macet, Dishub Pekanbaru Segera Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Sudirman

yuu.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru bakal melakukan rekayasa lalu lintas di ruas Jalan Jenderal Sudirman jelang libur Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas dilakukan guna antisipasi kemacetan mudik lebaran.

Ia menyebut, kemacetan kini sudah mulai terjadi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman saat jam tertentu. Rencananya rekayasa lalu lintas ini bakal dimulai pada akhir pekan ini.


"Kita sudah lakukan simulasi, sudah uji coba. Kita ada alat untuk simulasi rencana ini. Tinggal koordinasi saja lagi," ujar Yuliarso, Minggu 24 April 2022.

Lebih lanjut ia mengatakan, rekayasa lalu lintas bakal dilakukan pada dua U-turn (tempat berputar arah) di Jalan Jenderal Sudirman.

Pertama pada U-turn tepat di depan Showroom Mitsubishi dan kedua pada U-turn di depan Kantor Bapenda Provinsi Riau. Pada dua U-turn ini hanya bisa digunakan untuk satu arah.

"Jadi yang dua ini kita rekayasa dengan menutup sebagian U-turn. Contohnya kendaraan dari Bandara SSK II bisa berbalik arah di bawah Fly Over Sudirman-Harapan Raya," ujarnya.

Terkait rekayasa lalu lintas ini, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan forum lalu lintas, BPTD IV dan Pemerintah Provinsi Riau.

"Konsep nya sudah selesai tinggal kita bahas bersama. Karena ini kan jalan nasional, ini sudah kitab sampaikan. Tinggal eksekusi lagi bersama tim di lapangan," ulasnya.