Menpan Apresiasi Penghargaan SAKIP, Riau Raih Predikat B

SAKIP.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi Instansi pemerintah provinsi, kabupaten dan kota tahun 2021 di Jakarta, Selasa 5 April 2022 dalam acara SAKIP dan RB Award 2021.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini mengapresiasi hasil evaluasi SAKIP dan RB pada tahun 2021 secara nasional yang menunjukkan tendensi hasil positif.

"Apresiasi yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang telah konsisten melakukan berbagai perbaikan sehingga mendapatkan predikat RB-SAKIP B, BB, A, dan AA," ujarnya saat membacakan sambutan Menteri PANRB Tjahjo Kumolo pada SAKIP & RB Award 2021, di Jakarta, Selasa 5 April 2022.


Provinsi Riau sendiri tahun ini meraih predikat B SAKIP dan RB. Pada tahun 2021 evaluasi telah dilakukan terhadap 79 Kementerian lembaga, 34 pemerintah provinsi, 494 kabupaten/Kota (SAKIP), 441 kabupaten/kota (RB), dengan unit sampel evaluasi mencapai kurang lebih 22.000 unit kerja.

Hasil dari reformasi tersebut adalah terjadi peningkatan rata-rata nilai sakip yaitu pada tingkat Kementerian lembaga menjadi 71,30 dari sebelumnya 70,75. Pada pemerintah provinsi menjadi 70,88 dari sebelumnya 70,02. Dan pada pemerintah kabupaten dan kota menjadi 61,60 dari sebelumnya 60,68.

 

Gubernur Riau Syamsuar mengharapkan tahun depan ada peningkatan dari Predikat B menuju BB. Oleh karenanya Syamsuar, meminta seluruh OPD untuk meningkatkan akuntabiltas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi.

"Alhamdulillah predikat B, saya minta tahun 2022 seluruh OPD memperbaiki kekurangannya," ujar Syamsuar. (*)