Baru Masuki Pekan Pertama April 2022, 2 Karhutla Sudah Terjadi di Kampar

Kebakaran-Hutan-dan-Lahan10.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dalam sepekan ini di Bulan April 2022, sudah dua kali terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. 

 

Kebakaran pertama terjadi di Jalan Bupati, Kecamatan Tambang, Dusun II Desa Tanjung Kudu, RT 3/RW 1 Kabupaten Kampar, Jumat, 1 April 2022 sekitar pukul 14.00 WIB. 

Pada insiden ini, tidak terlihat petugas baik dari Mangala Agni ataupun BPBD yang datang untuk memadamkan api sampai Pukul 18.00 WIB. 

 

Setelah waktu magrib, baru petugas datang dari Polisi dan TNI serta BPBD memadamkan kobaran api. 

 

 

Kebakaran hutan dan lahan5

Dalam sepekan ini di Bulan April 2022, sudah dua kali terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau/DEFRI CANDRA /Riau Online


  

Menurut warga setempat, Er mengaku lokasi tersebut memang sering terjadi kebakaran.

 

"Di sekitar sini memang seringkali terbakar, sudah sering terjadi kebakaran karena tanahnya gambut. Saya takut dan was-was, bagaimana kalau api mengarah ke rumah," ungkapnya. 

 

Kebakaran kedua kembali terjadi di Kabupaten Kampar di Jalan Riau Baru, Kecamatan Tapung, Senin, 4 April 2022.

 

Kepala Daops Manggala Agni Pekanbaru, Chaerul P Ginting mengatakan, kebakaran lahan tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Pihaknya bersama pihak terkait berhasil menjinakkan si jago merah pada pukul 21.00 WIB.

 

 

"Dugaan sementara ini, lahan sengaja dibakar oleh orang yang tak bertanggung jawab," ujar Chaerul. 

 

Proses pemadaman bukan tanpa kendala. Sulitnya akses masuk ke dalam lokasi, membuat petugas dari Manggala Agni harus berjibaku selama 5 jam guna memadamkan api.

 

Diterangkan Chaerul, kebakaran lahan masih menjadi momok terutama saat musim kemarau melanda. Dalam sepekan terakhir saja, pihaknya telah 8 kali memadamkan api.