UAS di Urutan Kelima dari 108 Nama di Daftar Penceramah Radikal

Ustaz-Abdul-Somad3.jpg
((Foto:Dok Okezone))

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Nama Ustaz Abdul Somad trending di media sosial. Pasalnya ustaz yang berasal dari Pekanbaru ini disebut masuk dalam 108 nama penceramah radikal. Ada juga nama Ustaz Felix Siauw yang disebut berada dalam urutan ke dua. Sedangkan nama UAS ada di urutan kelima.

Informasi itu dibagikan kembali oleh Ustaz Felix Siauw. Ia mengungkapkan bahwa jika dirinya kembali masuk dalam daftar penceramah radikal atau yang masuk dalam kategori intoleran.

 

Felix Siauw jelaskan bahwa jika telah beredar di Whatsaap grup ada 180 nama penceramah radikal dan disarankan enggak boleh diundang dan didengar.

Tak hanya Felix Siauw, sejumlah pendakwah ada dalam daftar tersebut, termasuk dai asal Riau Ustaz Abdul Somad.

"Beredar viral 180-an nama penceramah radikal dan disarankan enggak boleh diundang dan didengar," jelasnya seperti yang dikutip Hops.id--jaringan Suara.com dari Instagram pribadinya @felix.siauw pada Minggu (6/3/2022).


Ustaz Abdul Somad berada di urutan ke lima, setelah Ustadz Fatih Karim dari Bogor-Bandung. Sedangkan, Felix Siauw berada di posisi kedua.

Nomor satu di daftar tersebut ada nama M Ismail Yusanto asal Bogor. Dia adalah penceramah yang sempat menjadi juru bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) atau organisasi yang sudah dinyatakan terlarang di tanah air.

Felix Siauw menanggapinya dengan santai. Dirinya menyatakan jika daftar yang mirip seperti ini juga pernah viral pada tahun 2017.

Saat itu pria yang pernah disebut-sebut terafiliasi dengan ormas HTI ini juga tercatat di urutan kedua setelah Habib Rizieq Syihab.

”Tahun 2017, saya jadi tokoh radikanl no.2 setelah HaErEs (Habib Rizieq Shihab), sekarang jadi no. 2 lagi,” ujarnya. Untuk daftar tahun ini nama Habib Rizieq sepertinya absen dari daftar, ini lantaran dia sedang dalam tahanan, setelah terjerat kasus hukum.

Merasa jadi yang kedua terus dia rupanya penasaran dan mengeluarkan pernyataan dengan nada sindiran.

"Sekarang jadi no 2 lagi. Kapan aku bisa jadi number wan ya?" tulisnya dengan memberikan emoticon tertawa setelahnya.

Dia pun juga seakan merasa bangga dan bahkan mengungkapkan rasa bersyukurnya bisa kembali masuk dalam daftar tersebut.

”Tapi alhamdulillah, bisa bertahan di list sedjak 2017,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berpidato dan meminta agar istri dari aparat TNI-Polri tak asal mengundang penceramah yang ternyata berpaham radikal. Hal itu disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu dalam rapat pimpinan (Rapim) TNI-Polri pada Selasa 1Maret 2022.