Pedagang Kuliner di Sekitar Klenteng Hok Ann Kiang Bengkalis Ketiban Rezeki

ketiban-rezeki.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS


RIAU ONLINE, BENGKALIS - Perayaan Imlek tahun 2022 di Kabupaten Bengkalis meski berlangsung sederhana namun mendatangkan rezeki bagi pedagang kuliner di sekitar Kelenteng Hok Ann Kiong Kota Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Sejumlah pedagang mengaku ketiban rezeki dan penghasilan mereka meningkat ketimbang hari hari sebelumnya.

Pedagang kuliner makanan di Kedai Kopi Sukaria, Ningsih misalnya. Dia mengaku penghasilannya kali ini meningkat dibanding hari sebelum perayaan Imlek.


"Biasanya, kita hanya menjual beberapa porsi saja dan dengan capaian penjualan Rp 300 hingga Rp 400 ribu. Dan, Alhamdulillah di hari raya Imlek ini bisa mencapai Rp 900 hingga 1 juta, dari penjualan," terang Ningsih, Minggu, 6 Febuari 2022.

Ningsih menjual berbagai macam makanan di antaranya, Soto, Nasi Kuning, mi instan dan makanan siap saji lainya. Kedai bersebelahan dengan Kelenteng Hok Ann Kiong itu semakin membludak oleh warga Tionghua yang melaksanakan ritual perayaan Imlek.

Bahkan tidak sedikit pula masyarakat yang hanya sekedar melihat perayaan Imlek di Klenteng menyempatkan bersantap makanan di Kedai Kopi Sukaria tersebut.

"Mulai hari pertama Imlek, pembeli sudah mulai ramai dan bagi kami, ini merupakan rejeki para penjual dan pedagang di hari Imlek tahun ini," ucap Ningsih.

Senada pedagang makanan lontong, Heny. Dia mengaku bersyukur di perayaan Imlek tahun ini memberikan rezeki bahkan dagangan kulinernya laku habis terjual setiap harinya.

"Omset jadi meningkat dua kali lipat dibanding hari sebelumnya. Dan kegembiraan perayaan Imlek bukan hanya dirasakan oleh warga Thionghua saja, bahkan membawa berkah juga bagi kami para pedagang di sekitar Klenteng ini," tutur Heny.