Kenali 7 Kandungan Gizi Buah Mengkudu

mengkudu.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Buah mengkudu merupakan salah satu tanaman obat. Buah ini dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit salah satunya penyakit radang.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai, Fruit, Kenali 7 kandungan gizi buah mengkudu, simak ulasannya berikut ini.

  1. Buah mengkudu mengandung alkaloid yang dinamakan xeronin. Alkaloid ini berguna untuk mengaktifkan enzim-enzim dan mengatur pembentukan protein serta bekerja untuk melawan peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Xeronin dibentuk oleh suatu zat yang dinamakan proxeronin dan dihasilkan ketika asam lambung yang sedang mencerna buah mengkudu mengubah proxeronin sampai menjadi xeronin.
  2. Buah mengkudu juga mengandung skopoletin yang berfungsi untuk memperlebar saluran pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah serta berkhasiat sebagai anti bakteri, anti alergi dan anti radang.
  3. Mengkudu dengan kandungan anthraquinon dapat berfungsi sebagai anti jamur dan dengan sifat anti septiknya yaitu membunuh atau mencegah pertumbuhan mikroorganisme dapat mencegah terjadinya infeksi yang berkepanjangan dan mempercepat proses penyembuhan. Dengan demikian kerusakan jaringan yang berlebih dapat dihindari, hal ini menyebabkan menurunnya jumlah neutrofil.
  4. Fruit, Kenali 7 kandungan gizi buah mengkudu selanjutnya adalah kandungan scopoletin pada mengkudu, scopoletin merupakan agen yang dapat bersinergi dengan tubuh sebagai anti radang dan antihistamin.
  5. Anthrquinon dan asam benzoat yang terkandung dalam buah mengkudu dapat berfungsi sebagai anti jamur dengan cara menghambat sintesis asam folat jamur. Hal ini tentunya akan mengurangi peradangan serta kerusakan jaringan tidak berlanjut, dengan demikian dapat meringankan peran neutrofil sebagai sel yang bertugas untuk memfagosit mikroorganisme asing dan luka akan semakin cepat pulih.
  6. Kandungan nitric oxide dan vitamin C yang terdapat dalam mengkudu mempunyai peranan dalam inflamasi akut. Nitric oxide dapat menghambat adhesi neutrofil pada endotel vascular.
  7. Adanya kandungan vitamin C dapat mengurangi infiltrasi leukosit terutama neutrofil pada area yang meradang. Hal ini mengakibatkan jumlah neutrofil pada kelompok perlakuan lebih kecil dibanding dengan kelompok kontrol.

 

 

Radang dibagi menjadi dua yaitu radang akut merupakan jawaban atau respon langsung dan dini terhadap agen jejas. Respon ini relatif singkat, hanya berlangsung beberapa jam atau hari.

Sedangkan radang kronis berlangsung sampai berminggu-minggu, bulan, atau tahun. Penimbunan sel-sel darah putih, terutama neutrofil dan monosit pada lokasi jejas merupakan aspek terpenting reaksi radang.


Keberadaan buah mengkudu sebagai anti radang dapat membunuh bakteri yang terdapat dalam luka sehingga meringankan kerja neutrofil. Dapat dikatakan bahwa pengeluaran sel radang dari sumsum tulang menjadi lebih sedikit karena kerja dari sel radang sebagai fagosit telah diringankan dengan pemberian perasan buah mengkudu.

 

 

Sekian informasi mengenai Fruit, Kenali 7 kandungan gizi buah mengkudu. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.

Sumber : Pendidikan Biologi, Universitas Jember, Indonesia