Kanker Bisa Disembuhkan Bawang Merah, Ini 5 Resep Terapi Bawang merah

bawang-merah3.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Bawang merah merupakan hasil tanaman yang lazim dikonsumsi sebagai bumbu untuk menambah cita rasa masakan, dan dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Bawang merah juga digunakan secara tradisional untuk mengobati berbagai penyakit seperti : vertigo, bisul, batuk kering, batuk sesak, disentri, sembelit, insomnia, dan pilek.

Secara umum, bawang merah memiliki kandungan gizi dan senyawa aktif yang dimanfaatkan sebagai obat herbal. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai, Cancer, Ternyata kanker bisa disembuhkan oleh bawang merah, ini dia 5 resep terapi bawang merah simak ulasannya berikut ini.

Terapi medis bawang merah

Terapi medis dengan bawang merah yang telah lama dilakukan di Indonesia dan di beberapa negara lain ditujukan untuk mencegah atau mengobati berbagai penyakit seperti : ambeien, asma, batuk, bisul, cacingan, demam, diabetes mellitus, disentri, hipertensi, infeksi kulit kepala, kutil (papiloma), kutu air, masuk angin, mata ikan (klavus), gangguan buang air kecil, mimisan, perut kembung, rematik, sakit perut (mulas), sariawan, selesma.

 

Kemudian sembelit, sengatan serangga, sakit kepala, kelainan prostat, difteri, parotitis (gondong), bronkhitis kronis. radang tonsil, gangguan jantung, kolesterol LDLtinggi, aterosklerosis, tuberkulosis, gangguan pencernaan, obesitas, eksim, luka memar, radang anak telinga, kanker, impotensi, daya tahan tubuh lemah, dan rambut rontok.

  • Bawang merah mengandung zat-zat gizi dan senyawa kimia aktif (senyawa sulfur) yang memiliki efek farmakologi, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan.
  • Berbagai penyakit dari yang ringan (masuk angin, batuk, perut mulas, perut kembung,a, sma, mimisan, sembelit, jerawat, bisul, ketombe, rambut rontok dan lain-lain) sampai yang berat/degeneratif (sakit jantung, diabetes mellitus, hipertensi, kolesterol jahat, kanker dan lain-lain) dapat dicegah atau diobati dengan ramuan bawang merah.
  • Terapi penyakit dengan bawang merah dapat dilakukan dengan atau tanpa kombinasi dengan bahan-bahan herbal lainnya.

Resep terapi bawang merah


  1. Demam : 30 g bawang merah panggang dihaluskan, ditambah madu sampai Terbentuk larutan yang kental, diminum 1-2 sdt untuk 3 x sehari.
  2. Diabetes mellitus : 4 g bawang merah, 15 g buncis, dan 10 helai daun salam diiris, direbus dalam 120 ml air hingga mendidih, lalu disaring, airnya diminum 1 x sehari sebanyak 100 ml selama 2 minggu.
  3. Sembelit : 1/2 cangkir bawang merah diblender hingga halus, ditambahkan 200 ml susu murni, lalu dimasak hingga suhu 80 derajat Celsius. Ramuan ini diminum setiap pagi hingga buang air besar lancar.
  4. Hipertensi : 30 g bawang merah dalam 100 ml air matang dingin diblender, lalu ditambahkan 3 sdm madu murni. Jus ini digunakan untuk ekali secara rutin 2-3 x sehari hingga tekanan darah normal.
  5. Cancer, Ternyata kanker bisa disembuhkan oleh bawang merah, ini dia 5 resep terapi bawang merah selanjutnya adalah Kanker lambung, payudara, paru-paru, usus dan prostat : Jus bawang merah  menggunakan 5 butir bawang merah, 2 sdm madu, 250 ml, diminum setiap hari. Bisa juga bawang merah mentah dimakan sebagai kudapan sebagai acar.
  6. Gangguan jantung : 2 siung bawang merah kukus dimakan sebagai teman kudapan bersama nasi atau lalapan setiap hari.
  7. Kolesterol tinggi : 30 g bawang merah, 30 g jamur kuping hitam dan 7 g daun salam direbus dengan 600 ml air hingga mendidih hingga air tersisa setengahnya, lalu disaring dan diminum selagi hangat. Jamur yang tersisa bisa dimakan.
  8. Aterosklerosis : 1 siung bawang merah mentah dimakan setiap hari sebagai Kudapan dalam bentuk acar bersama mentimun.
  9. Asma : Satu cangkir jus bawang merah dicampur dengan madu, lalu diminum selama 10 hari.
  10. Rambut rontok : Kulit kepala dipijat dengan minyak kelapa hangat selama 30 menit lalu air perasan bawang merah dioleskan merata ke permukaan kulit kepala. Rambut ditutup dengan handuk hangat selama 30 menit, lalu dibilas dengan air dan sampo. Ini dilakukan secara teratur 2-4 minggu sekali.

Sekian informasi mengenai Cancer, Ternyata kanker bisa disembuhkan oleh bawang merah, ini dia 5 resep terapi bawang merah. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.

Sumber : Beliveau, R. and D. Gingras. 2007. Foods to Fight Cancer. Dorling Kindersley Limited. New York.