7 Nilai yang Dikembangkan pada Pendidikan Karakter

buku-ajaib2.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Pendidikan karakter merupakan sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain.

Dengan demikian, karakter yaitu nilai-nilai yang unik yang ada pada diri dan terealisasikan dalam perilaku. Karakter juga sebagai atribut yang membentuk ciri pribadi, etis dan kompleksitas mental dari seseorang, suatu kelompok atau bangsa.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Poster pendidikan, 7 nilai yang dikembangkan pada pendidikan karakter, simak ulasannya berikut ini.

Karakter dipengaruhi oleh hereditas perilaku seorang anak yang seringkali tidak jauh dari perilaku kedua orang tuanya. Faktor lain juga terdapat pada lingkungan, lingkungan sosial maupun lingkungan alam yang ikut membentuk karakter.


Karakter dapat dimaknai sebagai nilai dasar yang membangun pribadi seseorang, terbentuk baik karena terpengaruh oleh lingkungan yang membedakannya dengan orang lain serta direalisasikan dalam sikap dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari.

Anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter baik apabila dapat tumbuh pada lingkungan yang benar, sehingga fitrah setiap anak yang dilahirkan suci dapat berkembang secara optimal. Lingkungan sekolah, masyarakat, media massa atau komunitas lainnya juga ikut mengambil peran penting dalam perkembangan karakter anak.

 

 

Berikut 7 nilai yang dikembangkan pada pendidikan karakter

  1. Jujur, mengatakan apa adanya, terbuka, konsisten antara apa yang dikatakan dan dilakukan (berintegritas), berani karena benar, dapat dipercaya (amanah), dan tidak curang (no cheating).
  2. Tanggung jawab, melakukan tugas dengan sepenuh hati, bekerja dengan etos kerja yang tinggi, berusaha keras untuk mencapai prestasi terbaik (giving the best), mampu mengontrol diri dan mengatasi stress, berdisiplin diri, akuntabel terhadap pilihan dan keputusan yang diambil.
  3. Cerdas, berfikir secara cermat dan tepat, bertindak dengan penuh perhitungan, rasa ingin tahu yang tinggi, berkomunikasi efektif dan empati, bergaul secara santun, menjunjung kebenaran dan kebajikan, mencintai tuhan dan lingkungan.
  4. Poster pendidikan, 7 nilai yang dikembangkan pada pendidikan karakter selanjutnya adalah sehat dan bersih, menghargai ketertiban, keteraturan, kedisiplinan, terampil, menjaga diri dan lingkungan, menerapkan pola hidup seimbang.
  5. Peduli, memperlakukan oranglain dengan sopan, bertindak santun, toleran terhadap perbedaan, tidak suka menyakiti oranglain, mau mendengar oranglain, mau berbagi, tidak merendahkan oranglain, tidak mengambil keuntungan dari oranglain, mampu bekerjasama, mau terlibat dalam kegiatan masyarakat, menyayangi manusia dan makhluk lain, setia, cinta damai dalam menghadapi persoalan.
  6. Kreatif, mampu menyelesaikan secara inovatif, luwes, kritis, berani mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, menampilkan sesuatu secara luar biasa (unik), memiliki ide baru, ingin terus berubah, dapat membaca situasi dan memanfaatkan peluang baru.
  7. Gotong royong, mau bekerjasama dengan baik, berprinsip bahwa tujuan akan lebih mudah dan lebih cepat tercapai bila dikerjakan Bersama sama, tidak memperhitungkan tenaga untuk saling berbagi dengan sesama, mau mengembangkan potensi diri untuk dipakai saling berbagi agar mendapatkan hasil yang terbaik, tidak egoistis. Pendidikan bagi anak dilaksanakan dengan maksud menfasilitasi mereka untuk menjadi orang yang memiliki kualitas moral, kewarganegaraan, kebaikan, kesantunan, rasa hormat, kesehatan, sikap kritis, keberhasilan, kebiasaan, insan yang kehadirannya dapat diterima masyarakat, dan kepatuhan.

Sekian informasi mengenai Poster pendidikan, 7 nilai yang dikembangkan pada pendidikan karakter. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.

Sumber : Buku Pendidikan Karakter Mukhlas S dan Haryanto:2011