Yuk Kenali 6 Jenis Pakaian Harian Melayu

pakaian-adat-melayu.jpg
(via rimbakita.com)

Laporan Linda Mandasari 

RIAUONLINE, PEKANBARU-Filosofi pakaian Melayu, dalam berpakaian bagi orang Melayu adalah malu melanggar syarak. Orang Melayu tahu diri, seperti ungkapan yang lazim kita dengar "kalau hendak melihat orang yang tahu diri, tengok kepada pakaian diri".

Tahu diri dapat dilihat dari ketentuan adat yang menetapkan pakaian sesuai status pakaiannya, dengar acara memakainya tepat penggunaan, betul tempat memakainya nya dan bersempurna pula alat kelengkapan pakaian. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Indonesia, Yuk Kenali 6 Jenis Pakaian Harian Melayu, simak ulasannya berikut ini.

Fungsi pakaian Melayu

Pakaian Melayu sebagai pelindung diri dari aib, melindungi diri dari panas dan dingin, gambaran nilai-nilai yang tertuang dalam emotif dan sebagai karya seni.

 

Dari beberapa fungsi tersebut orang Melayu mengatur waktu dan tempat berpakaian sesuai dengan adat dan ketentuan. Berbagai adat dan aturan tersebut mengatur tentang bentuk, motif, warna, tetap pakaian dan waktu penggunaannya.

Jenis pakaian Melayu

Pakaian harian

Pakaian harian yang dipakai untuk berbagai macam kegiatan seperti bekerja, bermain, ke ladang, ke laut pakaian sehari-hari jika di rumah, pakaian yang dipakai dalam kehidupan di masyarakat. Orang Melayu sangat menjaga adab dalam berpakaian, meskipun Reni kenakan pakaian sehari-hari namun sopan santun perlu dijaga dalam berpakaian.

 

Pakaian harian anak laki-laki

Pakaian harian anak laki-laki biasa disebut juga baju monyet. Anak laki-laki tersebut sudah besar dia akan memakai baju kurung teluk belanga atau baju kurung cekak musang.

Selain itu juga memakai celana setengah lutut, kopiah atau ikat kepala dari kain empat persegi yang dilipat untuk menghindari kapan binatang yang berbisa, menggunakan kain samping ada yang digunakan secara dibelikan di pinggang, ada yang secara utuh disandang di bahu.

Apabila seseorang hendak pergi salat dan mengaji ke surau atau masjid yang memakai sarung dan kopiah.


 

Pakaian harian anak perempuan

Pakaian harian anak perempuan menggunakan kan baju dan rok menyatu yang terbuat dari bahan katun dan memakai celana panjang yang tertutup roknya.

Bagian kepalanya menggunakan tembung sarung yang menggunakan pengikat. Menggunakan baju kurung atau baju kembang dan menggunakan kerudung apabila anak perempuan hendak pergi mengaji ke masjid atau surau.

Pakaian harian dewasa laki-laki

Laki-laki dewasa yang sudah akil baligh memakai baju kurung teluk belanga atau baju kurung cekak musang, bertulang belut ditambah dengan kain samping yang diikat pada pinggang dan memakai kopiah atau tanjak.

Kain samping dipakai ketika ia hendak melaksanakan salat ke masjid atau surau. Cara menggunakannya sama dengan mengenakan kain sarung perbedaannya, kain samping dipasang sesuai aturan yang dikenal juga sebagai penanda bujang. Tepi kain samping dikenakan berada diatas lutut bujang.

 

Pakaian harian  dewasa perempuan

Indonesia, Yuk Kenali 6 Jenis Pakaian Harian Melayu selanjutnya adalah pakaian harian dewasa perempuan. Perempuan dewasa yang telah akil baligh memakai baju kebaya laboh, baju kurung, baju kebaya pendek yang selaras dan memakai kerudung untuk menutupi auratnya.

Pakaian tidak menutup aurat orang-orang melihatnya kan perempuan itu tidak baik. Memakai kain selendang atau belajar untuk menutup kepala apabila turun ke ladang.

Bila bepergian di sekitar kampung, ya kan memakai tunduk lingkup yang terbuat dari selendang. Cara nilai kemelayuan dalam kerudung setidaknya harus berukuran panjang menutupi dada dan lebih lebar 1 hasta dari ukuran badan.

 

Pakaian harian orang tua dan setengah raya laki-laki

Menggunakan baju kurung teluk belanga bertulang belut dan baju kurung cekak musang. Untuk pakaian harian baju ini terbuat dari bahan katun dan kain samping pelekat bentuk baju agak longgar.

Bagaimana Yo bagi orang tua sering memakai baju melayu dagang luar digunakan untuk salat dan bertamu ke tetangga. Jika berada di rumah mereka menggunakan baju teluk belanga dan kain sarung menggunakan celana panjang atau baju sarung berkerah jika hendak pergi bekerja.

 

 

Pakaian harian orang tua dan setengah raya perempuan

Pakaian perempuan tua adalah baju kurung teluk belanga dan pada lehernya bersulam bernama tulang belut. Baju ini longgar dan juga lapang jika dipakai. Adapun kebaya laboh atau kebaya panjang hingga dewasa, kedua bentuk baju ini memakai pesak atau kekek.’

Sekian informasi mengenai Indonesia, Yuk Kenali 6 Jenis Pakaian Harian Melayu. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.