3 Fakta Mengenai Geografi yang Jarang Diketahui

peta30.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Geografi adalah ilmu yang mempelajari segala fenomena yang ada di permukaan bumi, seperti penduduk, flora, fauna, iklim, tanah, air, batuan dan interaksi yang terjadi antara fenomena fenomena tersebut.

Geografi juga merupakan disiplin ilmu yang memiliki objek studi berupa benda-benda atau gejala-gejala yang tersebar dan berasosiasi dalam ruang. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai National Geographic, 3 fakta mengenai geografi, simak ulasannya berikut ini.

Sejarah singkat perkembangan geografi

Geografi menceritakan mengenai berbagai tempat yang ada di permukaan bumi sebagai hasil penjajahan ke berbagai tempat di penjuru dunia yang disebut dengan aliran logografi.

 

Pemahaman mengenai geografi terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu seiring dengan kemajuan pemikiran penelaahan manusia. Terdapat dua bidang kajian geografi menurut Bernhardus Verenius, di antaranya:

1. Geografi umum yang mengkaji bagian terestrial yaitu bumi secara keseluruhan, astronomi dan letak tempat maupun pelayaran.

2. Geografi khusus yang mengkaji aspek langit, aspek permukaan bumi dan aspek manusia.

3. Perkembangan geografi juga dipengaruhi oleh pemikiran Darwin dengan teori evolusi biologi dalam perkembangan makhluk hidup.

Objek geografi

National Geographic, 3 fakta mengenai geografi selanjutnya adalah National Geographic, 3 fakta mengenai geografi. Objek formal geografi adalah cara pandang atau pendekatan dan berpikir terhadap gejala yang ada di permukaan bumi.


Gejala tersebut baik berupa keadaan fisik maupun keadaan sosialnya. Menurut Peter hagget, pendekatan-pendekatan tersebut dikenal dengan pendekatan keruangan. Selain itu dalam giografi juga dikenal pendekatan kelingkungan dan pendekatan kompleks wilayah.

1. Objek material geografi berkaitan dengan substansi materi yang dikaji, objek-objek material geografi adalah sebagai berikut:

2. Litosfer adalah lapisan batuan yang membentuk bentang alam, seperti pegunungan, Plato, dataran rendah dan lapisan tanah.

3. Atmosfer adalah lapisan udara, membentuk iklim dan cuaca.

4. Hidrosfer adalah lapisan air, seperti sungai, laut, danau dan air tanah.

5. Biosfer adalah lapisan kehidupan, meliputi kehidupan flora dan fauna.

6. Antroposfer adalah lapisan manusia dan kehidupan manusia termasuk jumlah penduduk, sistem sosial, ekonomi, politik, budaya dan teknologi.

Aspek-aspek geografi

Aspek fisik geografi mengkaji segala fenomena geosfer yang mempengaruhi kehidupan manusia, meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis dan semua fenomena alam yang dapat langsung diamati.

Contoh fenomena alam yang dapat langsung diamati di antaranya:

1. Aspek topologi adalah aspek yang berkaitan dengan bentuk muka bumi atau morfologi, letak atau lokasi suatu wilayah, luas dan batas-batas wilayah yang mempunyai ciri khas tertentu.

2. Aspek abiotik adalah aspek yang berkaitan dengan unsur kondisi tanah, hidrologi yaitu perairan darat maupun laut dan kondisi iklim dari suatu wilayah.

3. Aspek biotik adalah aspek yang berkaitan dengan unsur vegetasi seperti flora, fauna dan kajian penduduk.

Aspek sosial meliputi aspek antropologis, politis, ekonomis dan aspek yang berhubungan dengan pola hidup manusia. Aspek sosial terdiri dari sebagai berikut:

1. Aspek sosial adalah aspek yang berkaitan dengan unsur tradisi, adat istiadat, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga lembaga sosial.

2.As Aspek ekonomi meliputi pertanian, perkebunan, pertambangan, industri, perdagangan, transportasi, pasar dan kegiatan ekonomi lainnya.

3. Aspek budaya adalah aspek yang berkaitan dengan unsur pendidikan, agama, bahasa dan kesenian.

Sekian informasi mengenai National Geographic, 3 fakta mengenai geografi. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.