Membangun dan Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa

Mahasiswa22.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Kreativitas adalah perpaduan antara berpikir dan merasakan, suatu proses konstruksi ide orisinil dan bermanfaat, dalam prosesnya melibatkan mental yang memunculkan gagasan atau konsep baru atau hubungan baru antara gagasan atau konsep yang sudah ada.

Berpikir kreatif merupakan suatu bakat bawaan yang dimiliki sejak lahir dan sekumpulan keterampilan yang dapat dipelajari dikembangkan dan digunakan untuk memecahkan masalah. Saat ini Riau Onlien akan membahas mengenai Mahasiswa, Membangun dan mengembangkan kreativitas mahasiswa, simak ulasannya berikut ini.

Faktor pendoromg proses krativitas

Terdapat faktor pendorong dalam mempengaruhi proses kreativitas seseorang yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi genetik, gender, Kesehatan, minat, bakat, motivasi, belajar, dan kepribadian. Faktor eksternal meliputi Pendidikan, media, lingkungan, ekonomi, profesi, dan hobi.

 

 

Kreativitas bisa muncul dimana saja dan kapan saja, namun untuk mewujudkannya diperlukan gagasan kreatif yang perlu di proses. Orang kreatif memunculkan banyak ide yang bernilai namun tidak semua ide kreatif terlihat berisi, dan terlihat cerdas.


Terkadang ide-ide kreatif terlihat jelek bahkan bisa dicurigai. Kerja kreatif dapat berhasil jika menggunakan kemampuan analisis, sintetis dan praktikal yang dapat ditumbuhkembangkan secara sadar dan terlatih.

Cara meningkatkan kreativitas:

  1. Memperluas wawasan
  2. Mempersiapkan diri menghadapi tantangan, berbagai fakta dan gagasan
  3. Perbanyak pengetahuan umum yang luas
  4. Perbanyak membaca atau menggali informasi
  5. Menuliskan sebuah ide atau gagasan
  6. Meningkatkan kepekaan minat rasa ingin tahu
  7. Konsentrasi mendalam dalam berpikir
  8. Tidak takut untuk mencoba hal baru
  9. Sabar, konsisten, mampu bekerjasama dan optimis.

Mengembangkan ide dan pemikiran kreatif

Mahasiswa, Membangun dan mengembangkan kreativitas mahasiswa  selanjutnya adalah mengembangkan ide dan pemikiran kreatif.Diantara beberapa upaya untuk meningkatkan kreativitas terdapat hal yang dapat melemahkan daya kreatif yaitu takut salah sehingga tidak mau mencoba hal baru, terbelenggu dengan perasaan negatif atau suatu pekerjaan, dan kurangnya wawasan sehingga menyebabkan cara berpikir kurang luas.

Mengembangkan ide dan pemikiran kreatif itu memang tidak mudah bisa terjadi dalam waktu tak terduga, mengalir saja seperti air. Namun kreativitas dapat diajarkan dan kreativitas individual dapat ditingkatkan.

Dengan cara memanfaatkan sumber daya alam, sumber daya manusia dan segala potensi yang ada. Mengubah sesuatu hal yang tidak mungkin menjadi mungkin yang memiliki nilai manfaat untuk orang sekitar, misalnya memanfaatkan sampah atau limbah plastik, kertas, kotoran hewan, tumbuhan dan lain-lain.

Ubahlah sesuatu hal yang tidak berguna menjadi berguna dan memiliki nilai jual yang tinggi demi kebaikan lingkungan. Tidak hanya itu, kita juga harus bisa memanfaatkan sumber daya alam seperti hasil pertanian dengan buah musiman yang melimpah, sayuran melimpah dengan harga yang murah, cobalah untuk berinovasi dari produk yang sudah ada.

 

Terdapat juga produk alternatif seperti membuat kerajinan dari bahan bekas atau limbah, buatlah makanan khas yang unik dan menggugah selera, lakukan pertunjukan seni seperti menari, bermain musik dan yang terakhir sosial/budaya.

Sekian informasi mengenai Mahasiswa, Membangun dan mengembangkan kreativitas mahasiswa. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.