Operasi Lilin Lancang Kuning 2021, Polisi Sekat Tiga Jalur Masuk Kuansing

sekat-jalan-kuansing.jpg
(ROBI/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Petugas gabungan melakukan penyekatan di tiga titik jalur keluar masuk Kabupaten Kuansing pada Operasi Lilin Lancang Kuning 2021 Polres Kuansing.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Tiga pos penyekatan dan sekaligus pengamanan Natal dan Tahun Baru tersebut didirikan di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik. Pos ini memantau warga keluar masuk menuju Riau-Sumbar. Kemudian pos Tanjung Pauh, Kecamatan Singingi Hilir batas Kampar, dan satu pos didaerah Pesikaian Cerenti batas Inhu.

Setiap warga yang keluar masuk Kabupaten Kuansing wajib memperlihatkan kartu sudah divaksin dan melakukan swab PCR. Operasi dimulai pada hari ini Jumat, 24 Desember 2021.

Dalam operasi ini juga melibatkan TNI, tenaga kesehatan, Satpol PP dan anggota Polres serta Polsek setempat serta Dinas Perhubungan.


Dikatakan Tapip, seperti di Pos Pesikaian Cerenti telah dilakukan penempelan stiker di mobil yang penumpang dan pengemudi sudah terpenuhi syarat jalan dan sudah vaksin.

Sedangkan pada Pos Desa Kasang, Kuantan Mudik lanjit Dia, ditemukan orang yang melakukan mobilitas melewati jalur lokasi pos belum dilengkapi surat jalan dari Pos PPKM Mikro di desa asal dan ada yang belum melakukan vaksin.

Tapip mengatakan, operasi yang dilaksanakan merupakan bagian rangkaian kegiatan Operasi Lilin Lancang Kuning 2021 untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Kenderaan yang melewati Jalan Lintas Teluk Kuantan - Kiliran Jao yang datang dari Provinsi Sumbar maupun dari Provinsi Riau, kita lakukan penyetopan, melakukan sweeping atau razia surat keterangan vaksin melalui barcode aplikasi peduli lindungi," katanya.

Bagi warga yang belum melakukan vaksinasi, maka di arahkan melakukan vaksin ditempat dan sekaligus dilakukan test swab antigen.

Sesuai rincian terdapat 9 orang pengendara di lakukan Test swab antigen dengan hasil non reaktif atau negatif. Selain itu ada 20 orang diarahkan untuk vaksin di tempat dosis I sebanyak 19 orang dan satu orang dosis II.