Angkat Kearifan Lokal, Suti Mulyati Edy Apresiasi Anugerah Puan Aspekraf

Suti-Mulyati-Edy.jpg
((Media center Riau))

RIAUONLINE, PEKANBARU-Wakil Ketua I TP PKK Riau Suti Mulyati Edy menghadiri perayaan Hari Ibu ke 93 Tahun 2021 dan mengapresiasi pemberian penghargaan anugrah PUAN Asosisiasi Pelaku Ekonomi Kreatif ( Aspekraf) Riau Tahun 2021, di Hotel Pangeran, Rabu, 22 Desember 2021.

 

 

Dalam sambutannya, Suti Mulyati Edy memberikan apresiasi kepada Puan Aspekraf Riau yang telah menyelenggarakan perlombaan fashion show kreasi batik Riau, Anugerah Puan Aspekraf 2021 bersempana perayaan hari ibu.

 

 

Dikatakannya, perlombaan fashion show kreasi batik daerah Riau ini dapat mengangkat kearifan lokal.

 

 

 

 

"Dengan terlaksananya kegiatan seperti ini tentu dapat mengangkat kearifan lokal di daerah yang tentunya itu dari Kabupaten/Kota yang ada diseluruh Provinsi Riau," ujarnya. 

 

 


Menurutnya, batik ini bisa digunakan dalam berbagai kesempatan dan berbagai acara. Kreasi batik Riau ini dapat terkenal di Nasional bahkan Internasional.

 

 

"Kita sangat berharap batik Provinsi Riau ini akan terus maju dan tentunya dapat dikenal luas oleh masyarakat kita baik di nasional dan dapat mendunia," imbuh Suti Mulyati Edy.

 

 

Pihaknya melanjutkan, kreasi batik dari Kabupaten/Kota di Riau ini tentunya sudah memiliki ciri khasnya masing - masing dengan motif yang didalamnya ada nilai sejarah dan budayanya seperti Kabupaten Siak melambangkannya dengan gambar Istana Siak, Perahu Baganduang dari Kabupaten Kuantan Singingu, motif Candi Muara Takus dari Kampar dan berbagai motif lainnya.

 

 

Suti Mulyati Edy juga menambahkan, melalui kegiatan seperti perlombaan kreasi batik ini, diharapkan kerjasama yang erat dan saling bahu membahu dalam melaksanakan pengembangan batik di daerah.

 

 

"Mari kita saling bahu - membahu guna kembangkan kreasi batik Riau, batik ini juga dapat sebagai jati diri bangsa kita dan menambah khasanah koleksi batik bangsa kita khususnya batik daerah Provinsi Riau," tambahnya. 

 

 

 

 

Pada kesempatan itu diberikan penghargaan kepada pemenang fashion kreasi batik Riau. Adapun pemenangnya adalah ; Juara I peserta dari Pekanbaru  Mama Oxel, Juara II peserta dari Pekanbaru Lia, Juara III Lina dari Siak

 

Juara Harapan I Putri Indriarti dari Siak

 

Juara Harapan II dari Kampar Ninik dan 

 

Juara Harapan III Yoana.  (*)