Hubungan Antara Negara Melalui Pertukaran Pelajar

pertukaran-pelajar3.jpg
(pixabay.com)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Dunia telah memasuki era globalisasi dengan begitu komunikasi antar budaya merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Globalisasi merupakan terjadinya suatu proses mendunia yaitu di mana tidak ada lagi batasan antara suatu negara dengan negara lain.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Globalisasi, Hubungan antara bangsa negara melalui pertukaran pelajar, simak ulasannya berikut ini.

Fungsi ilmu komunikasi
Kebudayaan merupakan sesuatu yang harus dipelajari, dengan budaya orang mampu menyesuaikan diri pada lingkungan alam serta lingkungan sosialnya. Oleh sebab itu, kebudayaan sangatlah bervariasi, hal itu dapat dipermudah dengan mempelajari ilmu komunikasi antarbudaya.

Dengan begitu, kita dapat menyesuaikan diri terutama dalam berkomunikasi dengan orang asing yang memiliki perbedaan budaya yang sangat kental dan kemudian nantinya akan tercapai kerjasama yang baik demi kepentingan bersama.

 

Komunikasi antar budaya terjadi ketika orang-orang yang berbeda kebudayaan di pertemukan sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa komunikasi antarbudaya ini merupakan komunikasi yang terjadi ketika dua orang atau lebih sedang melakukan proses komunikasi untuk mencapai pemahaman maupun pengertian yang terjadi diantara hal layak yang berbeda kebudayaan.

Semakin meningkatnya kontak komunikasi dan hubungan antar bangsa negara, dalam mengatasi situasi seperti ini mempelajari persoalan komunikasi antar budaya semakin menjadi sangat penting.

Karena apabila masing-masing dari pihak terlibat dalam komunikasi antar budaya tersebut memiliki perbedaan dalam aspek tertentu misalnya biologi ataupun gaya hidup dan masing-masing tidak dapat saling memahami maka akan terjadi berbagai masalah.

Pembentukan budaya global
Dengan adanya pembentukan budaya global melalui proses pencampuran budaya atau hibridasi akan mendorong adanya fenomena bertemu dan berkumpulnya orang-orang dari berbagai negara dan kebudayaan berbeda.

Selain itu, kita juga bisa menemui banyak orang asing yang memasuki wilayah Indonesia dengan berbagai tujuan contohnya turis, pelancong, mahasiswa hingga pebisnis. Bertemunya kita dengan orang asing yang berasal dari negara dan budaya yang berbeda membuat kita harus dapat memahami dan mempelajari wawasan mengenai komunikasi antarbudaya karena hal tersebut sangat penting agar tercapainya komunikasi yang efektif dalam berinteraksi dengan orang yang memiliki perbedaan budaya.


Salah satu contohnya adalah program pertukaran pelajar yang merupakan program Pendidikan, pada saat ini kegiatan tersebut sangat digemari oleh banyak kalangan khususnya para pelajar dan mahasiswa.

Pertukaran pelajar merupakan sebuah kegiatan mobilitas perpindahan dimana terjadinya pertukaran mahasiswa atau pelajar dari antar negara yang berbeda, kegiatan pertukaran pelajar ini juga dimaksudkan agar mahasiswa dapat menjadi mahasiswa internasional yaitu sebagian atau seluruh pengalaman pendidikan tingginya di negara yang berbeda dengan negara asal atau mahasiswa yang menempuh pelajaran menyebrang batas negara untuk mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda dengan negara asal.

Tujuan dari kegiatan itu sendiri agar para pelajar mempunyai wawasan global memiliki kepribadian dan kemampuan bahasa Inggris yang baik, hanya itu kegiatan tersebut juga dituntut untuk memahami mengenai pentingnya pembelajaran serta pemahaman antar budaya.

Mahasiswa mendapatkan pengalaman budaya dan juga prinsip berbagai multi etnis yang memungkinkan mereka terbuka terhadap perubahan dan siap menghadapi situasi yang kompleks.

Program ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas belajar kedua negara yang berwawasan luas, terbuka dan saling memahami. Tidak hanya itu, bahkan kedutaan luar negeri pun menjelaskan bahwa pada kedutaan Republik Indonesia terjadi peningkatan kerjasama kedua negara di forum konsultasi bilateral ke-3 membahas sejumlah kerjasama di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya.

 

 

 

Pentingnya memperdalam hubungan kerjasama sosial budaya antara ke dua negara yaitu melalui pemberian beasiswa dan pertukaran pelajar.

Sekian informasi mengenai Globalisasi, Hubungan antara bangsa negara melalui pertukaran pelajar. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.