Manfaat Air Mineral Beroksigen bagi Tubuh

air-mineral.jpg
(pixbay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Air merupakan senyawa yang sangat penting yang dibutuhkan kan dalam kehidupan manusia, sampai saat ini dan menutupi hampir 71% permukaan bumi dan begitupun pada tubuh manusia terdiri dari 70% tersusun atas air.

Molekul adalah molekul yang terpenting bagi kehidupan, air dan oksigen merupakan dua konsep penting dalam kehidupan di antara sekian banyak unsur lainnya, keduanya merupakan syarat mutlak adanya suatu kehidupan di samping makanan.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Air, Manfaat air mineral beroksigen, simak ulasannya berikut ini.

Peran ketersediaan oksigen di dalam tubuh

 

Manusia tidak akan mampu bertahan hidup jika tidak ada ketersediaan oksigen di tubuhnya. Pada manusia normal oksigen dapat dipenuhi dengan bernafas, kandungan oksigen dari udara adalah sekitar 21% dan akan digunakan paru-paru kemudian disebarkan ke seluruh sel tubuh melalui pengangkutan oleh sel darah merah dengan membentuk oksihemoglobin.

Hemoglobin yang 100% jenuh dengan oksigen mampu mengikat 1,34 ML oksigen 4 gram hemoglobin. Kadar oksigen dalam darahnya merupakan salah satu parameter yang dapat dilihat, keadaan oksigen sangat mempengaruhi fisiologis lainnya dengan kadar oksigen di dalam darah yang berikatan pada hemoglobin disebut saturasi oksigen.


Dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari anda akan merasakan manfaat sebagai berikut:
1. Menjaga kestabilan tekanan darah dan denyut jantung
2. Organ dan jaringan di seluruh tubuh tetap terjaga kesehatannya
3. Distribusi oksigen dan zat gizi ke seluruh tubuh tetap optimal
4. Menjaga kebersihan ginjal dan kandung kemih
5. Menjaga fungsi saluran cerna
6. Mencegah sembelit atau konstipasi
7. Mencegah kesulitan buang air besar
8. Menjaga agar suhu tubuh tetap normal

Aliran darah dan penggunaan oksigen akan meningkat dan mengangkut oksigen yang diperlukan pada otot ketika beraktivitas fisik. Saturasi merupakan salah satu parameter untuk melihat kadar oksigen yang berikatan dengan hemoglobin, nilai saturasi oksigen darah pada orang yang mengkonsumsi air mineral beroksigen akan lebih baik.

Absorbsi minuman beroksigen masuk ke kapiler membran mukosa saluran cerna, kemudian ke Vena portal dan masuk ke sirkulasi hati serta ke seluruh sirkulasi tubuh. Peningkatan oksigen dalam darah ini akan mencapai organ tubuh mengikuti jalur hematogen oleh hemoglobin dari paru-paru ke jaringan.

Penyerapan air beroksigen tinggi di dalam usus membutuhkan waktu 15 menit dan mengacu pada proses absorbsi makanan yang membutuhkan waktu 4 jam.

Penyerapan oksigen di dalam usus halus dimungkinkan karena bagian ini hanya dilapisi oleh sel-sel epitel silindris berlapis tunggal. Oksigen akan masuk dengan cara difusi pasif melalui membran epitel yang membatasi lumen usus halus.

 

 

 

 

Salah satu faktor utama terjadinya proses difusi dari usus menuju pembuluh darah ialah adanya perbedaan konsentrasi. Faktor lain yang mempengaruhi penyerapan oksigen ialah membran sel khusus yang terdiri dari lipid bilayer bersifat dapat ditembus oleh gas dan senyawa polar tidak bermuatan dengan berat molekul kecil.

Sekian informasi mengenai Air, Manfaat air mineral beroksigen. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.