Upaya Menumbuhkan Minat dan Bakat Anak

Ilustrasi-tumbuh-kembang-anak6.jpg
(freepik.com)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Dunia anak adalah dunia bermain. Mereka memiliki rasa ingin tahu yang besar dan senantiasa bergerak seakan tiada lelah.

Melalui bermain, anak menumbuhkan potensinya. Anak adalah unik dengan segala kekuatan dan kelemahannya. Disinilah tugas orang tua untuk menumbuhkembangkan potensi anakagar kelak menjadi orang yang sukses.

Dukungan orangtua ini sebaiknya dilakukan secara bertahap, konsisten, berkesinambungan dan disesuaikan dengan kebutuhan anak agar anak menjadi senang belajar, tidak mudah putus asa, mengenali potensi diri dan tahu cara mengoptimalkannya. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Tumbuh kembang anak, Upaya menumbuhkan minat dan bakat anak, simak ulasannya berikut ini.

Bermain bagi anak usia dini merupakan dunianya. Melalui bermain anak menumbuhkan segala potensi. Misalnya dalam kegiatan bermain gobak sodor atau galasin, akan terlihat anak-anak yang berbakat sebagai pemimpin kelompok, mengatur strategi atau anak yang gesit dan lincah menggerakkan anggota tubuhnya.

 

Bermain memiliki banyak manfaat sehingga orang tua dan guru dapat memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada anak untuk menjelajah lingkungan dan menggunakan objek atau alat main dengan berbagai macam cara untuk berbagai macam tujuan.

Pentingnya menumbuhkembangkan minat anak sejak dini


Minat adalah rasa suka atau dorongan yang ada di dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu. Minat ini mempengaruhi motivasi seseorang dalam berpikir dan belajar sehingga kemudian minat ini yang akan mengarahkan dan mengembangkan bakat oleh karena itu stimulus yang tepat dalam menumbuhkembangkan minat anak merupakan hal penting yang dapat dilakukan oleh orang tua dengan anak usia dini.

Anak-anak akan menikmati aktivitasnya jika menarik perhatian dan menyenangkan baginya. Ketertarikan ini menjadi dasar untuk menumbuhkembangkan minat belajar anak melalui panca indranya.

Jika anak mengerjakan hal yang diminati maka hatinya pun akan gembira dan hasilnya juga akan lebih baik karena dikerjakan dengan sepenuh hati. Melalui kegiatan-kegiatan yang diminati ini juga lah akhirnya anak akan mengetahui potensinya, baik berupa kekuatan maupun kelemahan nya.

Minat setiap anak berbeda-beda dan dapat berubah-ubah apa lagi di mana anak usia dini tergantung pada kebutuhan, pengalaman dan mode yang sedang trendi sehingga sesuatu yang sebelumnya tidak diminati anak atau bahkan dilihat sebagai suatu kelemahan dapat berubah menjadi suatu kekuatan yang diminati anak karena adanya masukan-masukan tertentu atau wawasan baru dan pola pemikiran yang baru pada diri anak.

Oleh karena itu, jika sudah mengetahui kekuatan anak bukan berarti anak tidak diberikan lagi kesempatan untuk mencoba hal yang lain demikian pula jika sudah mengetahui kekurangan anak.

Bukan berarti anak tidak lagi diberikan kesempatan untuk melakukannya dengan cara-cara baru. Minat anak dapat dilihat dari apa yang anak sukai, yang membuat anak tertawa, tersenyum, bersemangat dan menikmati dengan sepenuh hati apa yang dilakukannya, oleh karena itu pada saat orang tua memberikan stimulasi menggunakan media sebaiknya mempertimbangkan bagaimana anak dapat menggunakannya dengan berbagai macam cara menurut ide dan energi yang dimilikinya.

Tumbuh kembang anak, Upaya menumbuhkan minat dan bakat anak

Yang bisa dilakukan oleh pendidik :

 

Sekian informasi mengenai Tumbuh kembang anak, Upaya menumbuhkan minat dan bakat anak. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.