Peran Satwa Dalam Ekosistem

Gajah-masuk-kampung10.jpg
(BBSDA)

RIAUONLINE - Kerusakan hutan yang semakin parah menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem hutan dan lingkungan di sekitarnya yang berdampak negatif pada sosial, budaya dan ekonomi masyarakat sekitar hutan. Salah satu dampaknya adalah semakin sering terjadi konflik ruang antara satwa liar dan manusia. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Ekosistem, Peran satwa dalam ekosistem, simak ulasannya berikut ini.

Komponen ekosistem

Sebagai salah satu komponen ekosistem jenis-jenis satwa liar sebagai individu atau kelompok mempunyai peran dalam menjaga keseimbangan proses di alam. Secara umum, beberapa jenis satwa liar merupakan konsumen pertama dalam piramida makanan, sedangkan beberapa jenis lainnya merupakan konsumen kedua, ketiga dan seterusnya.

Dengan demikian, kelangsungan kehidupan satwa akan tergantung satu sama lain dan penurunan populasi salah satu diantaranya akan berdampak negatif terhadap kesinambungan jaring-jaring makanan dan menghambat kelancaran arus dan siklus energi. Jelaslah terlihat bahwa ketiadaan salah satu jenis diantara satwa akan menjadi pemicu masalah secara ekologis.

Satwa herbivora (pemakan tumbuhan) merupakan kontrol bagi perkembangan tumbuhan, satwa karnivora (pemakan daging) merupakan pengendali perkembangan hewan mangsa. Demikian juga sebaliknya kelimpahan tumbuhan dapat mengontrol perkembangan hewan herbivora dan hewan hewan mangsa dapat mengontrol perkembangan pemangsa. Saling kontrol inilah yang membuat dinamika populasi dalam suatu komunitas berlangsung secara alami sehingga keseimbangan ekosistem tetap terjaga.


Satwa yang berada dalam posisi teratas dalam piramida makanan, seperti harimau mempunyai peran relatif lebih besar dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Kehilangan suatu spesies yang merupakan top carnivore, akan menimbulkan goyangan ekosistem yang lebih nyata dibandingkan dengan kehilangan suatu spesies pada umumnya. Hal ini terjadi karena top carnivor mengontrol perkembangan berbagai jenis satwa mangsa lain misalnya ketika harimau tidak ada maka babi akan berkembang dengan pesat karena tidak ada pemangsa yang mengontrol perkembangan populasi babi.

Peran keberadaan satwa

Peran satwa dalam ekosistem selanjutnya adalah peran keberadaan satwa. Dalam proses jasa ekosistem di mana tumbuhan memperoleh energi melalui fotosintesis dan menyerap bahan organik untuk menghasilkan biomassa dan membentuk makanan dasar untuk spesies konsumen seperti herbivora dan predatornya. Organisme mati menghasilkan akumulasi bahan organik yang diubah oleh dekomposer. Pasar dan konsumen berperan dalam pembentukan bahan anorganik dengan mineralisasi melengkapi siklus nutrisi antara bentuk organik dan anorganik. Dalam suatu ekosistem hubungan makan dan dimakan yang sangat kompleks saling berkaitan dan bercabang sehingga membentuk jaring-jaring makanan.

Perekembangbiakan pada tumbuhan

Beberapa jenis satwa seperti kelelawar, burung dan kupu-kupu berperan sebagai penyerbuk, menjadi agen perkawinan antara bunga jantan dan bunga betina sehingga memungkinkan perkembangbiakan pada tumbuhan. Beberapa jenis lainnya seperti orangutan dan gajah berperan dalam pencarian biji baik secara langsung dari bekas makanannya atau secara tidak langsung dari kotoran sehingga memungkinkan tumbuhan tersebar ke berbagai kawasan.hewan-hewan pemakan tumbuhan pun berperan dalam merangsang peremajaan berbagai jenis tumbuhan perilaku primata dengan memetik atau mematahkan ranting untuk memperoleh daun segar sebagai makanan, ternyata akan merangsang pertumbuhan ranting-ranting lain sehingga pohon tersebut menjadi lebih lebat atau menghasilkan buah lebih banyak. Pemangkasan suatu jenis tumbuhan oleh satu herbivora juga dapat memberi ruang bagi tumbuhan lain untuk tumbuh lebih baik.

Islam memberikan pandangan yang luas bahwa semua yang ada di bumi adalah merupakan karunia yang harus dipelihara agar semua yang ada menjadi stabil dan terpelihara. Allah SWT telah memberikan karunia yang besar kepada semua makhluk dengan menciptakan gunung, mengembangbiakan segala jenis binatang dan menurunkan partikel hujan dari langit agar segala tumbuhan dapat berkembang dengan baik.

Sekian informasi mengenai Ekosistem, Peran satwa dalam ekosistem. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.