3 Pekan Gelar Protes, Tim Berencana Bubarkan Paksa Pengungsi Afghanistan

Pengungsi-Afghanistan4.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Ratusan pengungsi asal Afghanistan masih menggelar aksi protes di depan Kantor International Organization for Migration (IOM)  Pekanbaru. Mereka sudah bertahan di sana selama tiga pekan dengan menggelar tenda. 

 

Para pengungsi menuntut untuk segera pergi dari Kota Pekanbaru menuju negara ketiga. Ada sejumlah negara jadi tujuan para pengungsi di antaranya Amerika Serikat, Kanada, Australia dan Selandia Baru. 

 

Tim Satgas Penanganan Pengungsi di Kota Pekanbaru masih memantau perkembangan unjuk rasa para pengungsi asal Afghanistan. Mereka mengaku sudah mendapat laporan keberatan dari masyarakat. 

"Masyarakat merasa keberatan dengan aksi unjuk rasa tersebut," ujar Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, Jumat 3 Desember 2021.


 

Pihaknya bakal berkordinasi dengan satgas untuk mengambil langkah terkait aksi pengungsi. Ia mengatakan, tim berencana membubarkan paksa aksi tersebut. 

 

Lanjutnya, Menkopolhukam sudah memberi rekomendasi terkait penanganan terhadap pengungsi luar negeri. Pihaknya berkordinasi dengan satgas dalam menindaklanjuti rekomendasi tersebut. 

 

 

 

Tim bakal menyurati para pengungsi agar segera kembali ke akomodasi masing-masing. "Kita masih melakukan upaya persuasif terhadap pengungsi, kita surati satu persatu pengungsi agar kembali ke akomodasinya masing-masing," jelasnya. 

 

Tim nantinya bakal mengambil tindakan tegas bila para pengungsi tidak mengindahkan imbauan. Mereka bakal memberi waktu beberapa hari untuk segera kembali ke akomodasi masing-masing.