Tingkatkan Integritas, Rutan Kelas II B Siak Sri Indrapura Gelar Pelatihan

Personel-Rutan-kelas-II-B-Siak-Sri-Indrapura.jpg
(Hendra Dedafta/Riau online)

Hendra Dedafta

RIAUONLINE, SIAK-Demi meningkatkan integritas petugas, Rutan kelas II B Siak Sri Indrapura menggelar pelatihan fisik dan mental guna meningkatkan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan fisik.

Kepala Rutan kelas II B Siak Sri Indrapura Tonggo Butar mengantakan kegiatan itu dilakukan menanggapi berita atau video yang sedang viral di sosial media tentang petugas rutan yang melakukan pelanggaran, menyelundupkan benda atau barang terlarang kepada warga binaan.

"Untuk mengantisipasi supaya hal seperti itu tidak terjadi di Rutan kelas II B Siak Sri Indrapura, kita adakan peningkatan fisik dan mental untuk petugas," katanya, Kamis 18 November 2021.


Dalam kegiatan ada halhal yang ditingkatkan untuk petugas Rutan kelas II B Siak Sri Indrapura yakni kecerdasan emosional, intelektual, spritual dan fisik.

Lanjutnya, kemampuan emosional adalah kemampuan petugas untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Dalam hal ini, emosi mengacu pada perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan seperti saat menghadapi pra warga binaan.


Personel Rutan kelas II B Siak Sri Indrapura menggelar pelatihan guna meningkatkan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan fisik./Hendra Dedafta/Riau online

"Kecerdasan Intelektual (IQ) dapat didefenisikan sebagai kemampuan untuk bekerja secara abstrak, baik menggunakan ide-ide, simbol, hubungan logis, maupun konsep-konsep teoritis. Kemampuan untuk mengenali dan belajar serta menggunakan abstraksi," katanya.

Kemudian meningkatkan kecerdasan spiritual merupakan sebuah konsep yang berhubungan dengan bagaimana seseorang dalam mengelola dan mendayagunakan makna-makna, nilai-nilai, dan kualitas kehidupan, yang nantinya akan diterapkan dalam bertugas.

"Sedangkan peningkatan fisik, semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan secara terstruktur dan terencana, dengan tujuan untuk meningkatkan kesegaran jasmani para petugas. Beberapa latihan fisik yang akan dilakukan oleh petugas seperti, Lari maraton, push up dan pull up," lanjutnya.

 

 

Kedepan, kegiatan tersebut akan dilakukan setiap Jumat sesuai dengan visi integritas petugas semakin meningkat.

"Tentunya, supaya tidak terjadi hal buruk di Rutan Kelas II B Siak Sri Indrapura ini dan akan tercipta pengamanan dan suasa yang kondusif antar penjaga dan warga binaan Rutan Kelas II B Siak Sri Indrapura," katanya.