Duta Besar Uni Eropa, Vincent Piket Berkunjung ke Riau, Bahas Apa?

Vincent-Piket.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Duta Besar Uni Eropa, Vincent Piket berkunjung ke Provinsi Riau. Kunjungan ini dalam rangka mempromosikan kerja sama ekonomi dan perdangangan antara Riau dan Uni Eropa.

Juga untuk meningkatkan pemahaman tentang Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Indonesia dengan Uni Eropa (IEU-CEPA) yang tengah dalam tahap perundingan.

"Tujuan khusus dari kunjungan ini adalah untuk memahami lebih mendalam tentang produksi minyak sawit di Provinsi Riau, khususnya produksi minyak sawit berkelanjutan di skala usaha kecil," katanya saat Konfrensi Pers, Senin, 15 November 2021.

 


Vincent juga mengatakan, Uni Eropa ingin bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau untuk meningkatkan perdagangan dan investasi.

Minyak sawit mewakili 8% dari total perdagangan antara Indonesia dan Uni Eropa. Merupakan 16% dari ekspor Indonesia ke Uni Eropa. Sektor ini merupakan sumber lapangan kerja dan pendapatan besar di daerah.

 

 

"Secara khusus, Uni Eropa ingin memastikan, minyak sawit yang kami beli tidak akan berkontribusi terhadap deforestasi. Indonesia sedang bekerja keras untuk hal ini. Selama kunjungan, saya berharap bisa mendapat masukan lebih banyak tentang kemajuan yang ada. Uni Eropa adalah salah satu pasar minyak sawit terbesar Indonesia," pungkasnya.