Tidak Cuma Perkebunan Sawit, Ini 5 Potensi Alam Riau

5-Potensi-Alam-Riau.jpg
(kompas.com)

Penulis : Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Riau merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pantai timur pulau Sumatra.

Saat ini, Riau merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia, dan sumber daya alam Provinsi Riau adalah salah satu potensi unggulan yang dimiliki oleh Provinsi Riau yang meliputi pertanahan, pertambangan, pertanian atau perkebunan, kehutanan, kelautan atau perikanan, serta industri ataupun jasa.

Riau Online akan membahas mengenai Sejarah Riau, Potensi Alam Riau, simak ulasan berikut ini.

1. Pertanian Atau Perkebunan


Hasil Bumi Provinsi Riau
Riau, 5 Potensi Alam Riau / inakoran.com

Perkebunan mempunyai kedudukan yang penting didalam pengembangan pertanian baik di tingkat nasional maupun regional, demikian juga dengan Kabupaten Siak yang mempunyai wilayah perkebunan yang luas.

Tanaman perkebunan yang dikembangkan di Kabupaten Siak adalah, kelapa sawit, karet, kopi sagu, dan aneka tanaman lainnya.

Selain siak di tanah Riau mampu menghasilkan komoditas utama seperti jagung, padi, kedelai serta kelapa sawit. Bahkan provinsi Riau juga mampu menghasilkan kacang hijau, ubi kayu, ubi jalar, hingga kacang tanah. Hanya saja setiap hasil pertanian tersebut berubah ubah, karena dipengaruhi oleh faktor cuaca.

2. Perikanan

Potensi Perikanan Tangkap Indragiri Hilir Capai 111.212 Ton | KKP News

Riau, 5 Potensi Alam Riau / news.kkp.go.id

Sebanyak 17,4% Provinsi Riau, dikelilingi oleh lautan dan beberapa sungai.dari data yang dipaparkan, Kepala Dinas dan Perikanan Privinsi Riau, Herman Mahmud, potensi lahan untuk perikanan massih cukup luas di Riau.


Untuk lahan air tawar saja ada 53.020,07 Ha yang tersebar di 12 Kabupaten kota di Riau. Tidak heran, jika hasil perikanannya pun melimpah. Hasil perairan dominannya berasal dari hasil tangkapan laut, dan sisanya berasal dari sungai ataupun budidaya perikanan. Kondisi geografis tersebut, ternaya mampu menghasilkan keuntungan bagi warga sekitar.

Hal tersebut terlihat dari tingginya permintaan, yang membuat usaha perikanan semakin berkembang.

3. Peternakan


Ini Upaya Riau Ikrarkan Diri Sebagai Pusat Peternakan Sapi Terintegritas
Riau, 5 Potensi Alam Riau / riauonline.co.id

Riau, 5 Potensi Alam Riau selanjutnya yaitu peternakan. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan konsumsi masyarakat akan produk hewan ternak, baik dari segi konsumsi daging hewan ternak maupun produk ternak lain, seperti susu dan telur, maka pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pertanian dan Peternakan terus berusaha memenuhi kebutuhan tersebut.

4. Minyak Dan Gas

Kota Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia, Bisa Hasilkan Ratusan  Ribu Barrel per Hari

Riau, 5 Potensi Alam Riau / cekaja.com

Pelaksana Tugas Gubernur Riau, memberikan kabar bagus pada tahun 2015 lalu. Dimana kabar tersebut menyebutkan bila, Riau miliki cadangan gas alam mencapai 33,57 persen.

Sedangkan cadangan minyak buminya, mencapai 51,5% yang terhitung dari cadangan nasional. Untuk gas alam cairnya ternyata cukup besar, yakni mencapai 23.7 MSCF.

5. Mineral

Eksploitasi Sumber Daya Alam Batu Bara | Lancang Kuning

Riau, 5 Potensi Alam Riau / lancangkuning.com

Sumber daya mineral merupakan potensi keunggulan dari sektor energi yang menjadikan Provinsi Riau sebagai Provinsi terkaya di Indonesia.

Tidak hanya satu pertambangan saja, namun anda akan menemukan beberapa pertambangan yang mengambil hasil bumi. Dan memiliki hasil tambangnya seperti emas, batu bara, bauksit, granit, pasir kuarsa, timah, pasir laut, hingga minyak bumi.