Resep Membuat Pempek Dos, Pempek Tanpa Ikan yang Dijamin Enak

Pempek-Dos.jpg
(pixabay.com)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Pempek merupakan makanan khas Palembang, Sumatera Selatan yang dibuat dan dikenal dengan citarasa dan aroma daging ikan seperti ilan tenggiri.

Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis dan pedas. Pempek ini sendiri memiliki banyak jenis. Jenis pempek yang terkenal yaitu pempek kapal selam, pempek yang diisi dengan telur ayam dan digoreng dalam minyak yang panas.

Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat, pempek kulit ikan, pempek telur kecil, pempek kriting dan pempek pistel (yang berisi irisan papaya muda rebus yang sudah ditumis dan dibumbui).

Varian baru juga sudah mulai dibuat orang, misalnya saja kreasi pempek keju, pempek baso sapi,pempek sosis serta pempek lenggang keju yang dipanggang di wajan anti lengket.

Namun, kamu bisa juga membuat pempek tanpa ikan dan menggunakan tepung yang low budget, yaitu pempek dos.

 

Pempek dos biasanya dibaut dari dua jenis tepung, yaitu tepung terigu dan tepung sagu, lalu di campur dengan beragam bumbu. Adapun pempek dos yang diisi dengan telur.

Riau Online akan membahas mengenai Kuliner, Resep pempek tanpa ikan, simak ulasannya berikut ini.

Resep membuat “Pempek Dos” pempek tanpa ikan
Bahan-bahan :

1. 500 ml air
2. 2 sdt gram
3. 1 sdt penyedap rasa
4. 250 gr tepung terigu
5. 2 butir telur
6. 300 gr tepung sagu

Resep Pempek Dos Tanpa Ikan, Mudah dan Dijamin Enak! | Indozone.id

Pempek Dos

7. telur secukupnya untuk isian
8. 400 gr gula merah
9. 100 gr gula pasir
10. 4 sdm cuka


Bumbu yang di haluskan :

1. 100 gr bawang putih
2. 10 gr cabai rawit
3. 20 gr cabai merah keriting
4. 20 gr gram

Pelengkap :
Mentimun

Cara memuat pempek dos :
1. campur air, garam, dan penyedap rasa menjadi satu. Rebus hingga mendidih, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk menjadi adonan yang kalis. Angkat dan biarkan dingin
2. pecahkan telor dan masukkan satu-persatu ke dalam adonan sambil dikocok dengan mixer hingga tercampur rata.
3. tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan
4. ukur adonan sesuai besar yang diinginkan, bentuk seperti mangkuk, lalu masukkn telur dengan perlahan dan teliti agar telurnya ga bercecer kemana-mana, lalu rekatkan.
5. rebus kedalam air yang mendidih yang telah diberi sedikit minyak sayur hingga adonan mengapung dan matang, lalu angkat dan tiriskan
6. goring pempek yang sudah ditiriskan dengan minyak panas sedang hingga matang dan berwana kuning kecokelatan, lalu angkat dan diriskan

 

 

 

7. membuat kuah : campur gula merah, gula pasir,bumbu halus dan air menjadi satu. Rebus hingga gula larut dan mendidih, lalu tambahkan cuka
8. potong-potong pempek lalu letakkan dan susun di dalam iring saji, beri mentimun yang udah di potong berbentu dadu kecil-kecil, dan dituang kuah, sajikan.


Sekian informasi mengenai Kuliner, Resep membuat “Pempek Dos” pempek tanpa ikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca.