5 Keunikan Pakaian Adat Riau yang Perlu Kamu Ketahui

5-Keunikan-pakaian-adat-Riau.jpg
(indozone)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU- Provinsi Riau memiliki beragam kebudayaan salah satunya pakaian adat yang memiliki keunikan tersendiri.

Budaya Melayu berpengaruh pada pakaian adat Riau yang umumnya panjang dan tertutup, menunjukkan nilai agama islam yang syarat akan kesopanan.

Modelnya yang khas, sederhana, longgar dan memiliki kerah yang tinggi. Busana Melayu umumnya dikenakan masyarakat Riau dalam acara resmi seperti upacara adat.

Saat ini Riau Online akan memberikan informasi mengenai Sejarah Riau, 5 Keunikan pakaian adat Riau, simak ulasannya berikut ini.

1. Baju Kebaya Labuh

 

5 Keunikan pakaian adat Riau / bp-guide.id


Bentuk baju kebaya labuh atau yang biasa disebut kebaya panjang ini tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit.

Baju ini memiliki panjang sampai betis, panjang lengan berkisar dua jari dari pergelangan tangan sehingga dapat memperlihatkan perhiasan atau gelang yang digunakan, lebar lengannya berkisar tiga jari dari lengan tangan dan pada bagian muka bajunya dilengkapi empat sampai lima kancing.

 

 

Baju kebaya labuh dikenakan bersama dengan selendang atau kain tudung dan sebagai paduan, kenakan kain pelekat, sarung batik dan kain lejo yang dapat disesuaikan dengan warna baju kebaya labuh.

2. Baju Teluk Belanga




5 Keunikan pakaian adat Riau / ar.pinterest.com

Baju teluk belanga merupakan pakaian adat untuk laki-laki, modelnya berkerah dan berkancing tep, kancing emas atau kancing permata.

Bagian lengannya lebar, agak longgar dan panjang sedikit menutup pergelangan tangan. Umumnya pakaian ini dibuat setelan dengan celana yang terbuat dari katun atau celana bahan tanpa motif atau polos. Dikenakan kain samping berupa kain songket atau kain pelekat sebagai atribut. Cara pemakaian kain samping yaitu ditarik ke samping kiri pinggang.

Pria Melayu Riau memakai baju adat ini bersama dengan penutup kepala berupa songkok, ikat kepala dan tanjak yang terbuat dari jenis kain yang serupa dengan celana.

3. Baju Kurung

BAJU KURUNG / KURUNG RIAU / KURUNG MODERN | Shopee Indonesia

5 Keunikan pakaian adat Riau / shopee.co.id

Sejarah Riau, 5 Keunikan pakaian adat Riau selanjutnya yaitu Baju kurung, yang merupakan baju adat khas Riau yang dikenakan oleh kaum perempuan di segala usia.

Model baju ini longgar atau tidak memperlihatkan lekuk tubuh si pemakai alias tidak boleh ketat. Baju adat ini memang tidak diperbolehkan menggunakan bahan kain tipis dan tembus pandnag.

Bentuk bajunya berlengan panjang dengan panjang sedikit di atas lutut. Baju kurang yang biasa dikenakan sehari-hari panjangnya sepinggang, bahan kainnya bervariasi baik itu kain polos maupun motif bunga.


4. Baju Cekak Musang

8 Pakaian Adat Riau Serta Penjelasannya - Tambah Pinter

5 Keunikan pakaian adat Riau / tambahpinter.com

Dalam segi bentuk, baju cekak musang ini serupa dengan baju belanga. Model bajunya berkerah dan pada bagian leher berbelah ke bawah kurang lebih sepanjang 5 cm, tujuannya agar memudahkan ketika dipakai.

Terdiri dari 3 kantong pada bagian muka baju yaitu satu disebelah kiri dan dua di bagian bawah. Biasanya, baju cekak musang ini satu set dengan celana panjang tanpa corak atau polos.

Dengan variasi warna yang beragam. Pakaian adat Riau ini digunakan pada saat acara resmi yang dilengkapi dengan penutup kepala atau kopiah berwarna hitam.

5. Tenun Songket Riau



5 Keunikan pakaian adat Riau / metroterkini.com

Songket Riau digunakan sebagai bagian dari pakaian adat, memiliki corak atau motif yang khas dan ditenun menggunakan benang kapas atau benang sutra, yang diselingi dengan tenunan motif tertentu menggunakan benang perak atau emas, membuat tenun songket ini terlihat mewah.

Terdapat beberapa jenis songket khas Riau yaitu songket Melayu Pekanbaru, songket Melayu Siak, dan Songket Indragiri. Jenis-jenis songket tersebut memiliki motif berbeda-beda, umunya motif tersebut berkaitan dengan alam, tumbuhan maupun hewan.

Sekian informasi mengenai Sejarah Riau, 5 Keunikan pakaian adat Riau. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.