Jangan Emosi, Ini Empat Cara Hadapi Orang Congkak

orang-sombong.jpg
(republika)

RIAUONLINE - Orang yang congkak atau sombong memang benar-benar menguji kesabaran. Akan tetapi, untuk menghadapi tipe orang seperti ini, nggak perlu memakai emosi. Karena kalau kamu emosi, yang ada malah mencoreng citra baikmu.

Ada beberapa tips menyikapi orang yang sombong, tanpa harus marah meledak-ledak. Seperti apa? Simak, yuk, pembahasannya!

1. Memastikan kebenarannya dulu

Terkadang, kita menilai seseorang berdasarkan apa kata orang. Dari situ, kita jadi sulit untuk melihat perangai orang dengan lebih objektif, karena sudah ada praduga sebelumnya.

Nah, sebelum kamu melabeli seseorang congkak atau sombong, pastikan dulu kalau memang benar, sikapnya seperti itu. Karena ada juga, lho, orang yang dibilang congkak, padahal justru karena dia pemalu dan kikuk. Sehingga, orang jadi salah menilai.

2. Tetap jaga kepercayaan diri


Orang yang sombong, menemukan kebahagiaan dengan menginjak harga diri orang lain. Oleh sebab itu, yang kerap jadi sasarannya adalah mereka yang dianggap “di bawah” levelnya.

Cara paling ampuh melawan orang yang congkak, adalah dengan tetap menjaga kepercayaan diri. Jangan biarkan sikapnya yang meremehkan dan berusaha menjatuhkan, membuatmu jadi rendah diri. Justru itulah tujuannya.

Kalau ia melihat kamu yang tenang dan tetap pede, dia jadi sebal karena usaha untuk menjatuhkan mentalmu gagal!

3. Tak perlu menimpali, cukup dengarkan saja

Orang yang congkak, senang sekali memamerkan kelebihan atau kesuksesannya. Jika kamu nggak bisa menjauh darinya, maka jalan yang bisa kamu tempuh, adalah tak perlu menimpali. Kalau kecongkakannya sedang kambuh, cukup didengarkan saja. Biarlah, orang yang lebih waras ngalah!

4. Fokus pada targetmu

Kesombongan tak perlu dibalas dengan kesombongan pula. Kalau begitu, kamu nggak ada bedanya dengan dia. Sejenis!

Cara elegan untuk membalas kecongkakan seseorang, adalah dengan fokus saja pada urusan pribadimu. Pusatkan perhatianmu pada target yang sudah kamu buat. Nggak usah pedulikan celotehan atau sikapnya. Orang seperti itu, buang-buang waktu, kalau diambil hati!

Ketika dia melihat kamu sukses dan lebih baik, nanti juga dia jadi malu sendiri. Jadi, tetap jaga sikap tenang, ya!

Artikel ini sudah tayang di SUARA.com/YourSay.id