16 Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

buah-mengkudu.jpg
(net)

RIAUONLINE - Manfaat mengkudu sebagai obat herbal tak perlu lagi diragukan. Meski memiliki rasa yang sangat pahit, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menggunakan buah ini untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari perawatan kulit, kesehatan jantung, hingga menurunkan kolesterol.

Mengkudu merupakan buah berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah ini cukup populer dikonsumsi sebagai obat herbal dan suplemen. Buah mengkudu kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan saponin, serta berbagai zat yang bersifat antiradang dan antibakteri.

Cara mendapatkan manfaat mengkudu biasanya dengan mengolahnya menjadi jus atau mengonsumsi ekstrak mengkudu. Kini semua orang dapat dengan mudah mendapatkan manfaat mengkudu dengan cara diolahan sebagai jus atau dalam bentuk "kulit buah" kering, serta bisa juga sebagai ekstrak kering dalam bentuk kapsul.

Ingin tau lebih mendalam mengenai manfaat mengkudu? Berikut ini ulasan mengenai manfaat mengkudu bagi kesehatan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (23/9/2021).

Mengurangi Kejang Otot dan Melindungi Kesehatan Jantung

1. Mengurangi Kejang Otot

Manfaat mengkudu yang pertama adalah untuk membantu mengurangi kejang otot. Konsumsi buah mengkudu dapat membantu menciptakan efek relaksasi pada otot. Studi penelitian telah mengungkapkan sifat antispasmodik buah mengkudu yang mungkin disebabkan oleh blokade saluran kalsium yang bergantung pada tegangan dan sekresi kandungan kalsium intraseluler dalam tubuh. Hal ini membantu dalam menekan kejang otot dan menenangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan kejang tersebut.

2. Melindungi Kesehatan Jantung

Manfaat mengkudu yang selanjutnya adalah untuk membantu melindungi kesehatan jantung. Buah mengkudu terbukti bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Buah ini memberikan efek melebarkan pembuluh darah dengan menenangkan sel-sel otot polos di dalam dinding sel yang menghasilkan aliran darah yang lebih baik di arteri. Efek vasodilatasi dari buah mengkudu membantu mengatur tekanan darah dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Menghilangkan Kelelahan dan Melindungi Organ Hati

3. Menghilangkan Kelelahan

Manfaat mengkudu yang selanjutnya adalah untuk membantu menghilangkan rasa lelah. Buah mengkudu adalah obat yang sudah lama digunakan secara tradisional oleh orang polinesia untuk memerangi kelemahan tubuh secara umum dan meningkatkan kualitas hidup serta meningkatkan energi. Berbagai penelitian telah menunjukkan kualitas ergogenik jus buah mengkudu yang membantu meningkatkan toleransi, elastisitas, dan kinerja fisik tubuh secara keseluruhan.

4. Melindungi Organ Hati

Manfaat mengkudu yang berikutnya adalah untuk membantu melindungi organ hati. Buah mengkudu juga dikenal efektif dalam melindungi penyakit hati. Seperti yang didukung oleh penelitian, buah mengkudu melatih efek hepato-protektif pada hati yang membantu melindungi organ dari paparan bahan kimia eksogen kronis dan bertahan melawan penyakit utama seperti kerusakan hati.

Kualitas Anti-psikotik dan Meredakan Nyeri Arthritis

5. Kualitas Anti-psikotik


Manfaat mengkudu yang berikutnya adalah memiliki kualitas anti-psikotik. Buah ini secara historis digunakan untuk mengurangi keparahan berbagai penyakit termasuk gangguan yang berkaitan dengan sistem saraf pusat. Studi yang menyelidiki efek antipsikotik dari buah ini telah menunjukkan peningkatan yang signifikan pada subjek terutama mengenai masalah perilaku mereka dan telah menunjukkan potensi besar untuk digunakan dalam menyembuhkan gangguan mental. Selain itu, buah mengkudu juga diketahui memiliki efek terapeutik pada kerusakan otak yang disebabkan oleh kekuatan penyembuhan komponen kimia alami. Ini dapat membantu dalam mencegah stres iskemik serebral tanpa mempengaruhi kemanjuran enzim yang baik dan antioksidan yang berfungsi dalam tubuh.

6. Meredakan Nyeri Arthritis

Manfaat megkudu yang selanjutnya adalah untuk membantu meredakan nyeri arthritis. Kekuatan penyembuhan buah cukup ampuh dalam kondisi peradangan seperti radang sendi. Evaluasi ilmiah telah memberikan bukti kualitatif mengenai sifat analgesik buah mengkudu yang membantu dalam mengurangi rasa sakit dan sensitivitas sehingga, mengurangi kerusakan sendi yang terlibat dalam kondisi nyeri arthritis. Studi juga telah menunjukkan bahwa khasiat penyembuhan mengkudu setara dengan beberapa obat analgesik yang tersedia secara komersial.

Agen Antioksidan dan Meredakan Gejala Asam Urat

7. Agen Antioksidan

Manfaat mengkudu yang selanjutnya adalah sebagai agen antioksidan. Penelitian telah mengkonfirmasi bahwa buah mengkudu memiliki potensi anti-oksidatif yang luar biasa. Buah ini mencari radikal bebas oksigen dan menetralkan efek negatifnya. Penelitian yang dilakukan pada pasien dengan kebiasaan merokok berat membuat mereka rentan terhadap banyak penyakit. Mereka dianjurkan mengonsumsi mengkudu untuk mendapat efek perlindungan dari potensi radikal dalam tubuh dan memberikan perlindungan dari penyakit yang disebabkan oleh stres oksidatif.

8. Meredakan Gejala Asam Urat

Manfaat mengkudu yang selanjutnya adalah untuk meredakan asam urat. Morinda Citrifolia atau buah mengkudu memiliki efek terapeutik yang luas. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan asam urat. Efektivitas mengkudu dalam menyembuhkan penyakit tersebut disebabkan oleh tindakan penghambatannya pada enzim xanthine oxidase yang terlibat dalam asam urat dan masalah yang terkait. Penelitian ilmiah yang dilakukan pada tahun 2009 juga mendukung efek kuratif dari mengkudu yang telah dipraktikkan selama ribuan tahun.

Membantu Meningkatkan Fungsi Memori dan Mengontrol Diabetes

9. Membantu Meningkatkan Fungsi Memori

Manfaat mengkudu yang ke sembilan adalah untuk membantu meningkatkan fungsi memori. Buah mengkudu dapat memberikan efek perlindungan dalam menyembuhkan masalah gangguan memori. Studi penelitian yang dilakukan pada subjek dengan fungsi memori yang lemah menunjukkan bahwa konsumsi mengkudu mendorong aliran darah ke otak dan membantu meningkatkan fungsi memori.

10. Mengontrol Diabetes

Manfaat mengkudu yang berikutnya adalah untuk membantu mengontrol diabetes. Penderita diabetes juga dapat mengambil manfaat dari kekuatan penyembuhan ekstrak mengkudu atau Morinda citrifolia ini. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian, yang telah menunjukkan efektivitas mengkudu sebagai ramuan obat untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. Bukti ilmiah telah membuktikan bahwa konsumsi mengkudu membantu mengurangi tingkat hemoglobin glikosilasi, trigliserida serum, dan kolesterol lipoprotein densitas rendah dalam tubuh. Selain itu, juga bekerja untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan merangsang penyerapan glukosa.

Perawatan Kulit dan Mengobati Masalah Lambung

11. Perawatan kulit

Membantu menjaga kulit agar tetap sehat adalah manfaat mengkudu yang lainnya. Buah mengkudu dapat dianggap sebagai bantuan alami dalam hal kecantikan dan perawatan kulit. Studi menunjukkan bahwa buah ini kaya akan konstituen kimia pelindung, antrakuinon yang memberikan efek stimulasi kolagen dan mencegah pembentukan kerutan pada kulit. Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi buah mengkudu bekerja pada tingkat sel dan berguna dalam menyembuhkan berbagai gangguan kulit termasuk jerawat, luka bakar, reaksi alergi kulit, dan gatal-gatal secara holistik. Kehadiran asam lemak esensial dan konsentrasi tinggi komponen biokimia proxeronine, yang merupakan prekursor alkaloid xeronine dalam jus buah mengkudu juga mendukung fungsi membran sel yang efisien, cenderung menormalkan sel-sel abnormal, dan membantu memulihkan kulit agar tampak muda dan sehat.

12 Mengobati Masalah Lambung

Manfaat mengkudu yang selanjutnya adalah untuk mengobati masalah lambung. Buah mengkudu terbukti bermanfaat melalui dampaknya pada proses pengosongan lambung di mana makanan keluar dari lambung dan masuk ke duodenum. Hasil penelitian yang dilakukan pada buah mengkudu mengungkapkan bahwa fitonutrien yang ada dalam mengkudu menunda pengosongan lambung yang memperlambat pencernaan yang mengakibatkan pelepasan gula yang lambat dalam aliran darah. Buah mengkudu juga dapat merangsang pelepasan enzim pencernaan, cholecystokinin tanpa mengubah volume urin, feses, dan transit usus.

Mempercepat Penyembuhan dan Meningkatkan Imunitas

13. Mempercepat Penyembuhan

Manfaat mengkudu yang lain adalah untuk mempercepat proses penyembuhan. Buah mengkudu berkhasiat mempercepat penyembuhan luka. Sebuah penelitian yang mengevaluasi sifat penyembuhan luka buah mengkudu telah mengungkapkan hasil positif untuk peningkatan berat jaringan granulasi, fungsi kolagen, hidroksiprolin, dan kandungan protein. Seperti yang telah disebutkan, mengkudu membantu dalam mengurangi kadar gula darah dalam tubuh yang juga dapat dikorelasikan dengan proses penyembuhan luka yang dipercepat.

14. Meningkatkan Imunitas

Memperkuat sistem kekebalan adalah manfaat lain dari buah mengkudu. Sejak dulu, buah mengkudu telah dinilai efektifitasnya dalam melawan infeksi dan penyakit lain yang disebabkan oleh polisakarida. Komponen bermanfaat ini merangsang aktivitas sel darah putih yang memainkan peran penting dalam memberikan efek perlindungan tersebut. Scopoletin hadir dalam buah mengkudu memiliki sifat anti-bakteri, antimutagenik, anti-inflamasi, antijamur, dan anti-histamin yang secara signifikan berkontribusi untuk mempertahankan mekanisme pertahanan kekebalan tubuh.

Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Kanker

15. Menurunkan Kolesterol

Memiliki tingkat lipid yang abnormal dalam darah anda adalah faktor risiko yang kuat untuk penyakit kardiovaskular. Karena merokok dapat menyebabkan kolesterol tinggi dari stres oksidatif, para peneliti melakukan penelitian untuk meneliti efek dari mengkudu untuk para perokok. Penelitian ini melibatkan 132 peserta yang digambarkan sebagai perokok berat. Peserta minum jus mengkudu atau plasebo selama sebulan.Hasil penelitian yang diterbitkan dalam "The Scientific World Journal" edisi 2012 menunjukkan bahwa minum 29 hingga 188 mililiter jus mengkudu secara signifikan mengurangi kolesterol total dan meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi, bentuk kolesterol yang baik. Mengkudu juga mengurangi lipoprotein densitas rendah, suatu bentuk kolesterol buruk.

16. Mencegah Kanker

Selain dapat menurunkan kolesterol, manfaat mengkudu lainnya adalah dapat mencegah kanker. Dengan kandungan berbagai macam antioksidan, buah mengkudu mampu mengatasi risiko terjadinya kanker. Selain itu, buah mengkudu diketahui telah menunjukkan sifat-sifat yang merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor.

Artikel ini sudah tayang di Liputan6.com