Pro Rakyat, Ketua DPRD Riau Apresiasi Jokowi Tekan Harga PCR

Yulisman5.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ketua DPRD Riau, Yulisman mendukung rencana presiden Jokowi untuk membatasi harga tes Polymerase Chain Reaction (PCR).


"Apa yang disampaikan presiden mengenai harga PCR  itu sesuatu yang bagus. Masyarakat yang ingin melakukan testing secara mandiri bisa melakukan dengan harga terjangkau," ujar Yulisman, Senin 16 Agustus 2021.

Menurutnya ini merupakan langkah positif dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan testing secara mandiri.

Apalagi, saat ini untuk melakukan perjalanan, baik udara maupun darat sekarang sudah mensyaratkan PCR selain kartu vaksin.

Ia mengingatkan, testing ini sebagai satu hal yang penting untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yakni testing, tracing, dan treatment.

"Tes PCR ini kan sampai hari ini masih yang terbaik dalam rangka mengetahui orang terjangkit atau tidak dari Covid-19," ujarnya

Ia juga mewanti-wanti penyelenggara PCR untuk segera melaksanakan ujaran presiden ini dan akan memonitoring pelaksanaannya.

"Kita dari DPRD maupun masyarakat harus memonitoring apa yang disampaikan presiden ini untuk dijalankan oleh penyelenggara testing PCR, jangan main-main," tegas Yulisman.

Kepada masyarakat, ia mendorong untuk melaporkan penyelenggara PCR jika masih menetapkan harga di atas ketentuan.

 

 


"Laporkan ke pihak berwajib terkait. Karena ini melanggar aturan. Apalagi di suasana pandemi ini harus ada sikap peduli lah. Ini kan untuk memudahkan masyarakat, harus kita awasi," tutup Yulisman.  

 

Diketahui, Presiden Jokowi memutuskan menurun PCR untuk diagnosis virus corona (Covid-19) ke kisaran  Rp 450.000 sampai Rp 550.000.