Ini Kata Gubernur Sumbar Soal Dugaan Warganya Bawa Covid-19 ke Riau

Mahyeldi.jpg
((Foto: Covesia-Laila])

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah angkat bicara soal indikasi warga Sumbar membawa kasus Covid-19 ke wilayah Riau.

Sebaliknya, warga dari Riau pun diyakini membawa kasus yang ke Ranah Minang.

Hal itu dinyatakan Mahyeldi menjawab pernyataan Gubernur Riau, Syamsuar yang menduga peningkatan kasus Covid-19 di daerahnya dalam beberapa hari terakhir meningkat lantaran pendatang dari Sumbar dan Sumatera Utara.

“Itu mungkin saja, karena memang masyarakat dari Sumbar ke Riau juga banyak, dari Riau ke Padang juga banyak. Saya kira itu mungkin saling bertukarlah. Masing-masing akan membawa (Covid-19),” kata Mahyeldi, dikutip dari Covesia.com - jaringan Suara.com, Kamis 12 Agustus 2021.


Mahyeldi juga mengingatkan masyarakat untuk terus meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.

Tak hanya itu, Mahyeldi juga mengatakan bahwa dirinya melakukan diskusi dengan beberapa ahli Universitas Indonesia.

“Ahli tersebut menyampaikan tentang penyebaran antar pulau. Ini juga sekarang ini berjalan. Menurut pemahamaman yang disampaikan oleh ahli kesehatan, cara yang terbaik yang dilakukan bagaimana taat dengan prokes sehingga mencegah dari hulunya,” jelasnya.

Pada Februari presiden mengingatkan, ada dua yang harus diperhatikan. Yakni roda kesehatan dengan taat kepada prokes, kedua roda perekonomian.


“Keduanya harus berjalan beriringan sehingga ekonomi juga bergerak, kemudian prokes juga dimaksimalkan,” bebernya.