Pemprov Riau Siapkan Beasiswa untuk 76 Perguruan Tinggi

m-salhe.jpg
(WAYAN/ RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau terus berupaya memberi beasiswa kepada mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Riau maupun di luar Riau. Beasiswa diberikan pun tidak hanya satu.

Kasubag Pendidikan Biro Kesejahteraan (Kesra) Setdaprov Riau, Muhammad Saleh mengatakan, pemberian beasiswa kepada mahasiswa di Provinsi Riau tidak hanya beasiswa prestasi dan bidik misi bakti negeri saja.

Ada pula beasiswa bantuan sosial pendidikan untuk 76 perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau.

"Pemerintah Provinsi Riau menyediakan beasiswa untuk mahasiswa S1, S2, dan S3 dalam Riau dan luar daerah Riau untuk tiga kategori, yaitu pertama untuk beasiswa prestasi," kata Muhammad Saleh, Senin, 02 Agustus 2021.

Dia melanjutkan, beasiswa prestasi ini terdiri dari universitas yang sudah diseleksi.
"Universitas yang ada sudah diseleksi dan di MoU kan, jadi dia terbatas dan terpilih hanya beberapa perguruan tinggi, biasanya kita ingin Top Ten (10 besar) dalam Riau dan di luar Riau," ungkapnya.

Namun kata dia, karena terkendala anggaran, saat ini baru lima besar di luar Riau dan di dalam Riau.


"Selain itu kita juga punya beasiswa bidik misi. Beasiswa miskin prestasi bakti negeri Provinsi Riau. Beasiswa ini diberikan seleksi maksimal S1 sampai semeter 8. Jadi berkesinambungan. Kalau bidik misi mulai dari semester 1 sampai semester 8," ujarnya.

Lanjut Saleh, kalau beasiswa di luar Provinsi Riau pun secara jumlah tidak begitu banyak, orangnya sedikit.

"Di mana 90 persen penyaluran beasiswa yang ada di Provinsi Riau berasal dari perguruan tinggi dalam Provinsi Riau. Ada 90 persen jumlah penerima yaitu yang sedang kuliah di dalam Provinsi Riau," jelasnya.

Pihaknya menyebut tidak hanya dua skema beasiswa prestasi dan bidik misi. Ada di luar dua skema yaitu beasiswa bantuan sosial pendidikan untuk mahasiswa di 76 perguruan tinggi.

"Ada bantuan sosial pendidikan bagi semua perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau, ada 76 perguruan tinggi semuanya dapat tanpa terkecuali," sebutnya.

Adapun yang didapat dari beasiswa bantuan sosial pendidikan ini yaitu pembayaran SPP atau UKT dua kali.

"Dengan pemberian bantuan sebesar dua kali SPP kalau memang UKT atau SPPnya rendah kami tambah uang buku dan ada tambahan uang foto copy. Berdasarkan hitungan uang ukt/spp mahasiswa bersangkutan," pungkasnya.

Sekadar informasi, untuk syarat dan ketentuan penerimaan beasiswa bantuan sosial pendidikan untuk mahasiswa yang kuliah di 76 perguruan tinggi akan diinformasikan lebih lanjutnya.