Pekanbaru Cuma Dapat 300 Vial Pasokan Vaksin Tambahan

bus-vaksinasi11.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru hanya menerima sedikit pasokan tambahan vaksin Covid-19. Jumlahnya cuma 300 vial yang hanya cukup untuk 3.000 dosis penerima.

Padahal saat ini, Kota Pekanbaru butuh 82.000 dosis. Jumlah tersebut hanya untuk suntikan vaksin dosis kedua. Kondisi ini membuat vaksinasi bagi masyarakat jadi terkendala.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus tidak menampik jumlah pasokan vaksin yang terbatas. Ia menyebut bahwa petugas di rumah sakit dan Puskesmas siap melayani suntik vaksin.

"Tapi kuota vaksin yang terbatas, jumlahnya kecil. Kebutuhan kita mencapai 80 ribu lebih untuk vaksin dosis kedua," ujarnya, Jumat 23 Juni 2021.


Menurutnya, vaksin yang ada saat ini hanya bagi penerima dosis kedua. Jumlahnya pun tidak mencukupi kebutuhan dosis kedua hingga awal Agustus 2021.

"Pasokan vaksin memang terkendala. Kebutuhan kita banyak, nanti kita distribusikan sesuai kondisi. Saat ini fokus pada penerima dosis kedua," terangnya.

Pemerintah kota berupaya menggesa percepatan vaksinasi. Namun terkendala pasokan vaksin sehingga vaksinasi belum bisa optimal.

Ada 547.086 orang belum mendapat suntikan vaksin di Kota Pekanbaru. Total jumlah masyarakat Kota Pekanbaru yang mesti mendapat suntikan vaksin sebanyak 845.274 orang.