Masyarakat Lansia di Pekanbaru Belum Minat Vaksinasi Dosis Keempat

Vaksin-Booster-Ilust.jpg
(National Council on Aging via Grid.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Saat ini belum ada masyarakat lanjut usia (lansia) di Kota Pekanbaru yang mendapat suntikan vaksin  booster kedua. Mereka mestinya mendapat vaksin keempat ini sekitar enam bulan dari suntikan vaksin dosis ketiga.

Para lansia bisa datang ke Mal Vaksinasi di Jalan Melur, Pekanbaru, untuk mendapat suntikan vaksin booster kedua. Apalagi sudah ada edaran agar para lansia segera mendapat suntikan vaksin dosis keempat.

Imbauan ini seiring meningkatnya kasus Covid-19 saat ini. Kasus aktif Covid-19 di Kota Pekanbaru jelang akhir tahun ini terus mengalami lonjakan. Total kasus aktif hingga saat ini mencapai dua ratus lebih kasus.

"Namun saat ini belum ada lansia yang mengakses layanan kesehatan untuk mendapat vaksin dosis keempat," papar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Kamis, 1 Desember 2022.


Menurutnya, lansia yang mendapat vaksin booster atau dosis ketiga masih kurang dari 30 persen. Sesuai data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru jumlah lansia yang mendapat suntikan vaksin dosis ketiga baru 15.638 orang. 

Sedangkan total lansia yang mesti mendapat suntikan vaksin mencapai 52.759 orang. Dirinya menyadari masih banyak lansia yang belum mendapat suntikan vaksin dosis pertama maupun dosis kedua.

Zaini pun mengimbau agar para lansia bisa segera mengakses layanan vaksin. Apalagi para lansia mesti mendapat vaksin dosis keempat sesuai dengan surat edaran Kementerian Kesehatan RI tentang vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua bagi lansia.

Dirinya memaparkan bahwa imun di dalam tubuh akan berkurang seiring berjalannya waktu. Maka perlu suntikan vaksin booster kedua bagi lansia.

Zaini menyebut vaksin booster ini untuk meningkatkan imun tubuh terhadap ancaman Covid-19. Apalagi mayoritas pasien yang terkonfirmasi Covid-19 di Kota Pekanbaru saat ini kebanyakan dari kelompok berusia lanjut.