Kepala Daerah Siak dan Rokan Hulu Dilantik Serentak Pekan Depan

alfedri-husni-menang.jpg
(Sahril/ RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pelantikan dua kepala daerah di Riau, yakni Bupati Siak terpilih Alfredi-Husni dan Bupati Rokan Hulu (Rohu) Sukiman-Indra Gunawan akan dilaksanakan serentak, Senin 21 Juni 2021 pekan depan.

Kedua kepala daerah hasil Pilkada serentak di Riau ini akan dilantik di Balai Pelangi, Komplek Gedung Daerah Jalan Diponegoro Pekanbaru dan akan langsung dipimpin oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

"Rohul sudah keluar SK nya, jadi pelantikannya serentak dengan Siak, Senin tanggal 21 Juni minggu depan," kata Kepala Biro Tapem Setdaprov Riau, Sudarman, Jumat 18 Juni 2021.

Sudarman menegaskan, pelantikan akan dilakukan secara terbatas. Sebab saat ini kasus Covid-19 di Provinsi Riau masih tinggi. Sehingga pelaksanaan pelantikan dua kepala daerah ini juga harus menerapkan protokol kesehatan.


"Karena masih Pandemi pelantikannya digelar terbatas, masih sama dengan pelantikan-pelantikan sebelumnya. Jumlah undangan dibatasi, paling banyak 30 undangan, meskipun ada dua kepala daerah yang dilantik, undangan tetap dibatasi," ujarnya.

Undangan yang bisa hadir secara langsung di lokasi pelantikan hanya unsur Forkompimda dan keluarga inti dari masing-masing kepala daerah yang dilantik saja. Sedangkan sisanya diminta untuk menyaksikan secara virtual dari tempatnya masing-masing.

"Yang diundang langsung itu Forkopimda dan keluarga inti dari kepala daerah yang dilantik, itu pun dibatasi paling banyak empat orang," ujar Sudarman.

Saat disinggung terkait pelantikan bupati Indragiri Hulu (Inhu) terpilih, Rezita -Junaidi, Sudarman mengaku hingga saat ini belum ada kepastian. Sebab SK penetapan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sampai saat ini belum turun.

"Inhu belum, SKnya belum turun, jadi Inhu akan dilantik terpisah, setelah nanti SKnya keluar," katanya. (*)