Ada 42 Titik Panas Terpantau di Sumatera, di Riau 2 Titik, Lampung Terbanyak

Titik-panas4.jpg
(bpbd pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU -Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya hotspot atau titik panas di Pulau Sumatera, Senin, 7 Juni 2021.

 

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Putri Siregar mengatakan, ada 42 titik panas yang terpantau di Pulau Sumatera.

 

"42 titik panas tersebut tersebar di tujuh provinsi dengan sebaran terbanyak di Provinsi Sumatera Lampung, lalu menyusul Bangka Belitung," katanya. 

 

Untuk sebaran titik panasnya sendiri, Bengkulu ada satu titik. Jambi tiga titik, Lampung ada 14 titik. Sumatera Barat ada dua titik. Sumatera Selatan lima titik. Sumatera Utara dua titik. Kepulaun Riau tiga titik. 

 

 


 

"Bangka Belitung ada 10 titik, sedangkan Riau ada dua titik," ujarnya. 

 

Untuk wilayah Riau, titik panas berada di Kabupaten Bengkalis dan Siak satu titik. 

 

Dari beberapa jumlah diatas, hampir seluruhnya berada di level rendah dan sedang. Tepatnya dua titik di level rendah dan 20 titik di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada atau tidak aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

 

 

 

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 24.0 - 34.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 – 96 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 05 – 36 Km/jam.

 

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 1.25 meter.