Covid-19 Mencekam Riau, Syamsuar Kena Tegur Jokowi, Ruang ICU Padat

Ruang-ICU2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Presiden RI Joko Widodo memberikan teguran kepada Gubernur Riau Syamsuar terkait dengan meningkatnya kasus Covid-19 di Riau akhir-akhir ini. 

 

Bahkan ruang ICU rumah sakit di Kota Pekanbaru penuh berisi pasien dengan gejala berat akibat terpapar Covid-19.

 

Syamsuar pun membenarkan adanya ruang ICU yang penuh tersebut. "Benar, kalau di Rumah Sakit Arifin Achmad saja sudah 80 persen. Jadi kalau ruang ICU memang iya," katanya, Kamis, 29 April 2021.

 

 

 


Lanjutnya, Presiden RI Joko Widodo juga sudah memberikan arahan untuk menekan angka kasus positif Covid-19. "Bapak Presiden memberikan pengarahan kepada kami, intinya tentang Covid-19," sambungnya

 

Ia menghimbau agar masyarakat patuh dan melaksanakan protokol kesehatan Covid-19, dan tidak mudik. 

 

"Karena itu saya minta, saya sampaikan kepada seluruh masyarakat Riau agar mematuhi protokol kesehatan, menghindari kerumunan, dan juga tidak mudik," pintanya

 

Dia mengingatkan agar masyarakat jangan abai, harus ekstra hati-hati. "Makanya harapan saya, mari berjaga-jagalah, kita ekstra hati-hati. Jadi jangan Abai terhadap Covid-19, mari sampaikan kepada rakyat kita agar kita waspada dan jangan abai terhadap protokol kesehatan," pungkasnya.

 

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo menegur Gubernur Riau Syamsuar agar hati-hati karena angka kenaikan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terus meningkat di Riau. "Segera lakukan tindakan pencegahan peningkatan jumlah kasus," Kata Jokowi.

 

 

Ia menyebut saat ini ada sembilan daerah dengan kenaikan kasus positif Covid-19 yaitu Provinsi Riau, Bengkulu, Aceh, Lampung, jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Barat. 

 

"Tekan terus angka peningkatan kasus positif Covid-19 di daerah masing-masing. Pengetatan larangan mudik lebaran. Jangan lengah, nanti terjadi lonjakan kasus," tutupnya.