Bekas Galian Pipa Limbah Rumah Tangga di Sejumlah Akses Jalan Masih Berantakan

Pengerjaan-IPAL.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Bekas galian perpipaan limbah rumah tangga di sejumlah akses jalan di Kota Pekanbaru hingga kini masih belum dibenahi. Kondisi jalan rusak di bekas proyek ini masih terlihat.

Pantauan riauonline.co.id, kondisi jalan rusak akibat bekas galian perpipaan limbah rumah tangga terlihat di ruas Jalan Durian dan Jalan Ahmad Dahlan. Ada juga sejumlah ruas jalan di Kecamatan Sukajadi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution tidak menampik perbaikan jalan di lokasi bekas galian masih terkendala. Ada sejumlah titik yang jadi perhatian untuk proses perbaikan.

Ia mengatakan, ada sedikit masalah saat proses penggalian di sejumlah titik. Ia mendapat informasi ada galian yang berbenturan dengan pipa PDAM.


Pipa PDAM tersebut ditanam pada tahun 1972. Adanya pipa yang berbenturan terjadi di Jalan Rajawali ujung.

"Kebetulan berbenturan dengan manhole, kita sudah kordinasi dengan rekanan agar kordinasi dengan PDAM," jelasnya, Selasa 13 April 2021.

Menurutnya, pipa yang berbenturan dengan pemasangan pipa limbah hingga kini belum tersambung. Padahal tim di lapangan sudah empat kali berupaya menyambung kembali pipa yang terbentur.

"Karena kondisi pipanya tua maka agak lambat proses penyambungannya. Moga-moga bisa diperbaiki," ujarnya.

Indra mengaku sudah mendorong rekanan agar memperbaiki ruasa jalan rusak di lokasi galian perpipaan limbah rumah tangga. Ia menyebut jalan rusak di Kecamatan Sukajadi bakal menjadi prioritas perbaikan.