Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNRI Gelar Praktikum Sastra ke-29

sastra.jpg
(istimewa)

Laporan: Dwi Fatimah

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Riau kembali menggelar acara tahunan Pratikum Sastra ke-29.  Acar sebelumnya sempat ditiadakan pada tahun 2020 akibat pandemi melanda Indonesia.

 

Pada April 2021, acara ini dilaksanakan dengan tema ‘Mewujudkan Generasi Emas Indonesia Pada Masa Pandemi melalui Sastra dan Budaya’ sistem semi daring dan tetap menaati protokol kesehatan.

 

"Praktikum sastra ke 29 se- Indonesia kali ini membawakan tema ‘mewujudkan generasi emas Indonesia pada masa pandemi melalui sastra dan budaya’ ini didasari dengan keadaan sekarang yang mengharuskan kita melaksanakan dan berkarya dimasa pandemi seperti ini. Tentunya kami dari panitia mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, menjadi jembatan untuk generasi generasi sekarang tetap semangat berkarya dan berprestasi," ucap Sutrisno Agi selaku ketua pelaksana.


 

Antusiasme peserta tahun ini terlihat pada jumlah peserta sebanyak 435 peserta yang mendaftar. Meskipun sempat ditiadakan, praktikum sastra hadir dengan kemeriahan yang sama meskipun dengan versi yang berbeda. Kegiatan ini di buka langsung oleh dekan III FKIP Universitas Riau, Dr. Hermandra, MA.

 

”Praktikum Sastra pada tahun ini dilakukan dengan memakai teknik luring maka pesertanya akan banyak, tetapi saya yakin tahun depan jika kita memakai teknik luring dan daring pesertanya jauh lebih banyak agar tingkatan acara kita selalui ke tingkat nasional. Untuk mempertahankan akreditas prodi bukan hanya dari SDM dosennya saja tetapi juga dari SDM mahasiswa, maka tunjukkanlah kontribusi Anda kepada Prodi di level nasional. Saya hanya berpesan kepada seluruh mahasiswa PBSI  berikanlah layanan yang terbaik kepada seluruh peserta yang mengikuti Praktikum Sastra ini, jika terdapat kritikan tolong dicatat dan diperbaiki untuk Praktikum Sastra selanjutnya," jelas Hermandra pada sambutan pembukaan acara.

 

Praktikum sastra pada tahun ini berbeda pelaksaannya jika dibanding tahun lalu, pada acara kali ini dilaksanakan system daring. “Kami berharap acara ini bisa mewadahi dan memfasilitasi teman teman khususnya pelajar, mahasiswa serta guru untuk tetap bisa berkarya di masa pandemi,” jelas Sidiq selaku Bupati Mahasiswa.

 

Webinar sempena praktikum sastra ke-29 yang dibawakan oleh para moderator Agidia Karina selaku Duta Pendidikan III FKIP Universitas Riau dan Sri Widowati selaku Duta Puteri Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Adapun para pemateri yang sangat luar biasa yakni Dr. Syarial, M.Pd selaku dosen Program Studi PBSI yang membawakan materi tentang Kreativitas Bersastra di Era Digital, kemudian pemateri kedua yakni Dr. Mangatur Sinaga, M.Hum. selaku dosen Prodi PBSI yang menyampaikan materi tentang Pemertahanan Bahasa Indonesia, dan pemateri terakhir ialah wanita cantik dan luar biasa yakni Indah Nurbaeti selaku Digital Creator dan Founder @temanbacaindonesia yang membawakan materi tentang Membumikan Literasi di Media Sosial.

 

Tak hanya itu, panitia Webinar Praktikum Sastra juga memberikan doorprize kepada para penanya terbaik yang dipilih oleh setiap pemateri.