Angka Pernikahan di Bengkalis Menurun Saat Pandemi Covid-19

cincin-nikah.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Pandemi Covid 19 di Bengkalis selama setahun berpengaruh terhadap angka pernikahan.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Bengkalis Suhardi. Dijelaskanya, KUA Bengkalis pada tahun 2020 kemarin masih bertipe B, namun pada tahum 2021 ini KUA Bengkalis turun menjadi tipe C dan penurunan tipe ini berdasarkan hasil rekap jumlah pernikahan di KUA Bengkalis.

"Kalau tahun lalu masih tipe B, selama pandemi terjadi penurunan angka pernikahan sehingga diawal tahun 2021 ini KUA Bengkalis menjadi tipe C," terang Suhardi,Selasa 2 Maret 2021.


Menurut dia, pada masa pandemi ini angka pernikahan setiap bulannya hanya berkisar sebanyak 60 pasang setiap bulannya. Sementara sebelum pandemi angka pernikahan berkisar 70 pasang setiap bulannya.

Meskipun terjadi penurunan tipe tidak mempengaruhi pelayanan yang ada di KUA Bengkalis. Pelayanan pengajuan pernikahan tetap berjalan seperti biasanya.

"Pengaruhnya pada masyarakat saja, untuk pelaksanaan pernikahan saat ini harus menerapkan protokol kesehatan. Seperti pembatasan jumlah orang yang hadir saat nikah, penggunaan alat pelindung diri," terangnya.

Masyarakat mungkin belum terbiasa dengan penerapan protokol kesehatan. Sehingga perlu membiasakan diri.