Enam Kabupaten dan Kota di Riau Sudah Tetapkan Status Siaga Karhutla

Edward-Sanger.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Ada enam kabupaten dan kota di Provinsi Riau telah menetapkan status siaga kebakaran hutan dan lahan.

 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edward Sanger, menyebut, ada enam kabupaten dan kota di Riau sudah menetapkan status siaga karhutla sebagai langkah antisipasi agar tidak terbakar.

 

“Sekarang sudah ada enam kabupaten dan kota di riau yang sudah menetapkan status siaga karhutla jadi mereka sudah mengantisipasi terjadinya kebakaran. Ada Kabupaten Meranti, Siak, Bengkalis, Kota Dumai, Rokan Hilir dan Indragiri Hilir,” terangnya, Selasa, 23 Februari 2021.


 

Edward, menambahkan, mencegah untuk terjadinya kebakaran yang lebih luar lagi, Gubernur Riau sudah menggelar rapat koordinasi teknis dengan kabupaten dan kota di Riau untuk memaksimalkan seluruh satuan tugas yang ada di masing-masing daerah.

 

"Kita meminta optimalkan seluruh perangkat yang ada di seluruh kabupaten dan kota di Riau. Jadi Satgas gabungan yang ada di kabupaten kota kita optimalkan untuk sosialisasi serta pemadaman jika di daerahnya terjadi Karhutla,” ucapnya.

 

Selain itu, terkait dengan permintaan Pemerintah Provinsi Riau ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga kini masih diproses oleh pemerintah pusat.

"Dengan suasana Covid-19 saat ini memang kita terkendala, karena heli dan crew yang akan kita pinjam ini ada di luar negeri, sementara saat ini situasi di tiap negara itu berbeda-beda ada yang lockdown," katanya.