Bosan Jadi Penonton, Iput Berharap Putra Rokan Hilir Kebagian Kerja di Blok Rokan

syaf-iput.jpg
(sigit)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Dapil Rokan Hilir, Syafruddin Iput meminta agar putra daerah Rokan Hilir diberi kesempatan kerja di Pertamina setelah menasionalisasi blok Rokan pada Agustus mendatang.

Sebagai daerah yang dijadikan lahan ekstraksi Migas, Iput berharap putra daerah dapat diberdayakan sesuai dengan kompetensi keilmuannya.

"Anak Rokan Hilir wajib jadi pekerja di Blok Rokan, walaupun cuma tukang cangkul, yang penting sesuai dengan keilmuannya," kata Anggota Komisi V DPRD Riau ini kepada Selasa (16/2/2021).


Iput menyebut sudah cukup masyarakat Rokan Hilir menjadi penonton pekerja-pekerja dari luar Rokan Hilir bekerja di Chevron. Ia ingin serapan pekerja meningkat sehingga peningkatan ekonomi terjadi di Rokan Hilir.

"Ada juga selama ini, tapi kan terbatas, makanya dengan perpindahan kelola Blok Rokan ke Pertamina, paling tidak masyarakat setempat bisa lebih sejahtera, ini harus dikawal dengan baik, jangan disia-siakan, kita tidak boleh jadi penonton," tuturnya.

Tak hanya Pertamina, dia meminta supaya perusahaan manapun yang bekerja di Blok Rokan dalam kawasan Rokan Hilir untuk bisa berkantor di Rokan Hilir, minimal punya kantor cabang, sehingga ada manfaat yang didapatkan Rokan Hilir.

Iput menyebut selama ini isu pengangguran masih menjadi salah satu isu yang sering disampaikan masyarakat saat ia melakukan reses ke dapilnya.