Kasus Covid-19 Tembus 14 Ribu, Wako Firdaus Belum Berencana Terapkan PKM

Belajar-tatap-muka32.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru hingga kini masih didera pandemi Covid-19. Rilis dari Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru per tanggal 11 Februari 2021, total positif Covid-19 mencapai 14. 007 kasus. Untuk kasus aktif Covid-19 di Kota Pekanbaru mencapai 561 kasus.

Tiga dari 15 kecamatan di Pekanbaru masuk ke dalam zona orange. Artinya masuk kategori penyebaran Covid-19 tingkat sedang. Tiga kecamatan yakni Kecamatan Sail, Kecamatan Senapelan dan Kecamatan Tenayan Raya.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus belum berencana memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM). Ia menilai kasus Covid-19 cukup terkendali.

Satgas Covid-19 Pekanbaru bakal mengevaluasi proses vaksinasi. Mereka juga meningkatkan pengawasan dalam penerapan protokol kesehatan mencegah Covid-19.


"Serta meningkatkan pengawasan penerapan protokol kesehatan mencegah Covid-19," terangnya.

Ia menanti arahan satgas Covid-19 di pusat dan Provinsi Riau. Wacana pemberlakuan PKM rencananya di daerah penyangga luar pulau Jawa. Sejumlah kota di Pulau Sumatera juga mendapat arahan agar lebih waspada.

"Kita evaluasi dulu kondisi terkini, nanti kita lihat arahan dari satgas pusat," ujarnya.

Tim Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru bakal mempelajari kebijakan PKM di Jawa dan Bali. Selanjutnya, satgas pun bersiap melakukan penerapan PKM di kota sebagai daerah penyangga.

Sementara itu, berdasarkan pemetaan zona penyebaran Covid-19, Kota Pekanbaru secara umum memasuki zona kuning dengan kategori penyebaran Covid-19 di tingkat rendah.