Sidak Prokes ke Sekolah di Kampar, Kadisdik Zul Ikram Merasa Puas

Zul-Ikram4.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kabupaten Kampar merupakan satu dari tiga kabupaten di Riau yang sudah melaksanakan belajar tatap muka terbatas di sekolah. Selain Kampar, ada dua kabupaten lagi yang sudah menerapkan kebijakan serupa. Yakni Kabupaten Siak dan Kuansing.

 

Untuk memastikan belajar tatap muka berjalan sesuai aturan yang sudah ditetapkan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Zul Ikhram melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kabupaten Kampar, Rabu 20 Januari 2021. 

 

Ada dua sekolah yang ditinjau oleh Kadisdik Riau. Yakni SMA Negeri 2 Tambang, Kampar dan SMA Negeri 2 Siak Hulu, Kampar. 



"Kita hari ini melakukan peninjauan ke beberapa sekolah untuk melihat langsung kesiapan sekolah yang melaksanakan belajar tatap muka terbatas," kata Zul Ikram disela peninjauan. 

Dari hasil peninjauan tersebut, Zul mengakui jika sebagian besar sekolah yang dirinya tinjau sudah siap melaksanakan belajar tatap muka terbatas di sekolah. Termasuk soal sarana dan pra sarana pendukung protokol kesehatan Covid-19 juga sudah disiapkan oleh pihak sekolah.

"Kalau saya lihat secara umum sekolah sudah siap, semuanya sudah menjalankan protokol kesehatan, seperti yang sudah ditetapkan dalam SKB 4 menteri," kata Zul.

Zul menjelaskan, bagi sekolah yang melaksanakan belajar tatap muka terbatas di sekolah, wajib mematuhi protokol kesehatab. Sebelum pelajar masuk ke areal sekolah diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu.

 

Setelah itu dilakukan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun. Pelajar yang masuk ke areal sekolah diwajibkan menggunakan masker.

 

"Saya tadi sudah mengecek, pelajar masuk ke dalam kelas jumlahnya hanya 50 persen dari total pelajar dalam kelas. Duduknya juga berjarak, sesuai aturan protokol kesehatan. Pelajar yang masuk sekolah dibagi menjadi dua shift," katanya.