Warga Siak Diminta Bersabar, Vaksin Covid-19 Dikirim Tahap Kedua, Kapan?

Zulfi-Mursal4.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tidak seperti daerah regional Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar, Pelalawan) lain, Kabupaten Siak tidak mendapat jatah vaksin di tahap pertama Januari 2021 ini. 

Legislator DPRD Riau asal Siak, Zulfi Mursal menyebut Siak bersama Kabupaten Kota lain akan mendapat jatah di tahapan vaksinasi kedua. 

"Sudah dikonfirmasi untuk Siak tahapan kedua bulan Februari. Ada 2100 dosis vaksin, Siak diutamakan," ujar Zulfi, Selasa 12 Januari 2021. 

Zulfi memaklumi Siak tidak mendapat jatah vaksinasi perdana ini karena memang jatah yang dibagikan pemerintah pusat cukup minim. Tingkat positivity rate Siak yang menurun dibanding daerah lain disebut Zulfi juga menjadi alasan Siak belum diberi jatah vaksin. \

"Ada Keterbatasan jatah dari pusat dan Pekanbaru kebutuhan paling besar. Siak juga relatif menurun dibanding Pekansikawan lain," jelas Zulfi

Zulfi menegaskan akan mengawal jatah vaksinasi tahap kedua yang akan diberikan ke Siak. Menurutnya yang terpenting Uji Klinis dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan uji halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah didapatkan. 

"Kita akan kawal, ditunggu saja, yang terpenting uji BPOM dan uji halal dari MUI sudah keluar," ujar Zulfi. 

Diketahui vaksin tahap pertama sudah didistribusikan ke daerah-daerah Pekansikawan minus Kabupaten Siak. Hal ini disebut karena Pekansikawan merupakan kawasan penyangga ibukota. 

Total 15.240 dosis vaksin didistribusikan yakni 11.040 dosis ke Pekanbaru, 2400 dosis vaksin ke Kampar, dan 1.800 dosis ke Pelalawan.