Enam Cold Cain Simpan 11 Ribu Vaksin Covid-19 di IFK Diskes Kota Pekanbaru

Instalasi-Farmasi-Kesehatan-IFK.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Sebanyak 11.000 vaksin Covid-19 akhirnya sampai di Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Selasa 12 Januari 2021.

 

Lima cold cain berwarna biru dan satu putih menyimpan vaksin Covid-19. Vaksin bakal disimpan di sana jelang proses penyaluran. Hal ini untuk memastikan vaksin tersimpan dengan baik jelang pemberian vaksin esok lusa.

 

"Jadi vaksin tersebut bakal ada di sini jelang penyaluran," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Noer, Selasa siang.

 

Menurutnya, vaksin bakal disalurkan bagi tenaga kesehatan pada Jumat 15 Januari 20201. Mereka bakal menyalurkan vaksin ke 22 titik.

 

Ada 21 puskesmas dan satu rumah sakit di Kota Pekanbaru. Satu rumah sakit yakni RSD Madani di Jalan Garuda Sakti. "Jadi besok kita distribusikan ke puskesmas dan RSD Madani," terangnya.

 

Penyimpanan di IFK guna memastikan penyimpanan vaksin sesuai prosedur. Vaksin dipastikan tetap aman di suhu 2 hingga 8 derajat celcius.

 

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mumin Wijaya memastikan ada personel kepolisian yang berjaga di sana. Mereka mengawal penyimpanan dan distribusi vaksin agar tidak ada potensi kerawanan.

 

"Nanti kita kerahkan personel polsek setempat di lokasi penyimpanan," jelasnya.

 

Informasi Riau Online, Provinsi Riau sudah menerima sebanyak 20 ribu dosis vaksin yang diterima oleh Pemerintah Provinsi Riau.

 

 

Ada tiga daerah yang akan menerima vaksin Covid-19 yakni Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Pelalawan.