Lho Kok, Satu Kardus Vaksin Covid-19 Dimasukkan ke Mobil Biasa?

Pendistribusian-vaksin-covid-19-6.jpg
(WAYAN SEPIYANA/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pendistribusian ribuan dosis vaksin Covid-19 sudah dilakukan di tiga daerah yang berada di Provinsi Riau.

 Dua mobil colt diesel dikerahkan untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 Sinovac buatan China tersebut.

 

Hasil pantauan RIAUONLINE di lokasi pelepasan pendistribusian vaksin Covid-19 bertempat di Gudang Vaksin Unit Pelayanan Teknis (UPT) Instalasi Farmasi dan Logistik Kesehatan Diskes Riau, Jalan Kesehatan, Kota Pekanbaru.

 

Ada yang aneh karena satu mobil yang digunakan untuk membawa pendistribusian vaksin bukan menggunakan mobil colt diesel berpendingin, melainkan mobil Toyota Hilux berplat nopol BM 8372 TP.

 

Seperti diketahui seharusnya penyimpanan vaksin Covid-19 ini harus dilakukan sesuai dengan produser, yaitu disimpan di ruangan berpendingin atau bersuhu redah menggunakan rantai pendingin (Cold Chain) saat didistribusikan agar vaksin tetap terjaga kualitasnya.

 

Ini bertujuan agar vaksin Covid-19 tetap terjaga kualitas vaksinnya.

 

RIAUONLINE mencoba untuk menghubungi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, untuk menanyakan perihal kenapa vaksin Covid-19 yang didistribusikan menggunakan satu mobil Toyota Hilux.

 

Pendistribusian vaksin covid-19 (7)

 

Petugas memasukkan satu kardus vaksin covid-19 ke mobil double cabin berplat merah/WAYAN SEPIYANA/Riau online

 

RIAUONLINE juga ingin memastikan pendistribusian menggunakan mobil Toyota Hilux itu tujuannya kemana, karena ada tiga daerah di Riau untuk tahap perdana ini.

 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan distribusi vaksin Covid-19 tahap awal untuk tiga daerah di Riau.

 

Tiga daerah itu meliputi, Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar dan Kabupaten Pelalawan.

 

"Ya, untuk tahap pertama ini kita distribusikan ke Pekanbaru sebanyak 11040 dosis, ke Pelalawan 1800 dosis, kemudian Kampar 2400 dosis," kata Mimi, Selasa, 12 Januari 2021, saat melepas pendistribusian vaksin.