Setelah Tenaga Medis, Ini Kelompok Kedua yang Disuntik Vaksin di Riau

vaksinasi2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir menjelaskan tenaga kesehatan yang pertama kali mendapatkan vaksinasi Covid-19. 

 

Ia beralasan tenaga kesehatan inilah yang berkontak langsung dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. 

 

 

 

"Yang jelas pertama kali mendapatkannya adalah tenaga kesehatan, karena tenaga kesehatan yang berkontak langsung dengan pasien yang terkonfirmasi," kata Mimi, kepada RIAUONLINE, Rabu, 30 Desember 2020.

 

Ia melanjutkan untuk kriteria penerima vaksin yaitu tenaga kesehatan pertama kali, peserta BPJS atau penerima bantuan iuran, masyarakat, tokoh agama, guru, TNI/Polri, Satpol PP, dan aparat hukum yang berkaitan dengan public service di masyarakat. 

 

"Tentunya masyarakat yang berusia 18-59 tahun, dan vaksin ini gratis, karena Bapak Presiden sudah menyatakan gratis untuk semua masyarakat Indonesia," ujarnya. 

 

Mimi menjelaskan vaksin Covid itu kan yang baru datang itu kan seperti yang disampaikan Bapak Presiden di awal Desember yang lalu, yaitu 1,2 juta dosis. 

 

 

"Nah, 1,2 juta dosis itu sekarang dalam sedang proses untuk mendapatkan izin penggunaan secara emergency melalui Balai POM dan kehalalannya oleh MUI. Sekarang itu kan belum selesai, jadi mungkin masih dalam proses. Nah, bagaimana nanti pendistribusiannya itu adalah wewenang pusat," pungkasnya.