Lewat Radio, Anggota RAPI Kuansing Ikut Bantu Pengamanan Nataru 2020

Anggota-RAPI-Kuansing.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

RIAUONLINETELUK KUANTAN - Selain aktif pada kegiatan sosial, kini Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kabupaten Kuansing ikut membantu melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) Tahun 2020.

RAPI mengudara lewat radio memonitor kondisi jalanan dan membantu petugas di posko Operasi Lilin Tahun 2020.

Dimana Ops Lilin Lancang Kuning 2020 dilaksanakan selama 15 hari dimulai Senin, 21 Desember 2020 dan berakhir 4 Januari 2020 mendatang.

Ada tiga pos pengamanan Natal dan Tahun Baru yang didirikan, pertama Pos di Tugu Carano Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah. Kemudian Pos di Tanjung Pauh, Kecamatan Singingi Hilir dan ketiga Pos di desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik.

"Kita fokus di pos di bundaran Tugu Carano kota Teluk Kuantan ikut memonitor melalui radio dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru," kata Karyanto alias Limbat kepada Riau Online, Rabu, 30 Desember 2020.

RAPI sendiri di Kuansing, kata pria yang akrab disapa Limbad ini, memiliki anggota lebih kurang 100 orang lebih. Mereka aktif mengudara memberikan informasi apabila ada kejadian dan siap turun membantu masyarakat. "Untuk di pos Tugu Carano kita ada 6 orang  membantu petugas gabungan disana," katanya.

RAPI memberikan bantuan komunikasi (Bankom) dengan mengudara menggunakan radio. "Kalau sinyal nggak ada, radio tetap bisa mengudara. Tujuan kita membantu pemerintah dan pihak kepolisian serta masyarakat pada umumnya," katanya.

 

Dan untuk frekwensi di udara sendiri, kata Limbad, untuk RPU itu bisa di cek di 142.040. "Kalau kita monitor pakai 142.040," katanya.