Hari Ini 3 TPS di Bengkalis Gelar Pemungutan Suara Ulang, Ini Alasannya!

Pemungutan-suara-ulang2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, BENGKALIS - Komisioner KPU Riau, Nugroho Notosusanto menyebut KPU akan melaksakan sejumlah Pemungutan Suara Ulang (PSU) di beberapa daerah Pilkada serentak kemarin. Salahsatunya adalah kota Bengkalis yang akan melaksanakan PSU pada hari ini. 

 

"Untuk PSU di Bengkalis akan dilaksanakan Sabtu 12 Desember 2020," jelas Nugroho di pesan siaran, Jumat, 11. Desember 2020. 

 

 

 

Ketetapan PSU di Bengkalis sudah diputuskan dalam Keputusan KPU Bengkalis No. 401/PL.02.6-Kpt/KPU.Kab/XII/2020.

 

Dalam keputusan tersebut dimuat ketetapan Pelaksanaan PSU di TPS 3 Kelurahan Balai Raja Kecamatan Pinggir, TPS 4 dan TPS 5 Desa Simpang Padang Kecamatan Bathin Solapan.

 

Hal ini diambil berdasarkan Rekomendasi Badan Pengawas Pemilu Kabupaten (Bawaslu) Bengkalis No. 793/K.RI-01.PM.00.02/XII/2020 tanggal 9 desember 2020.  

 

Secara umum di TPS O3 kelurahan Balai Raja terdapat 421 Daftar Pemilih Tetap dan 55 Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), sementara di TPS 04 Desa Simpang Padang terdapat 462 DPT dan 22 DPTb. Di TPS 05 Desa Simpang Padang terdapat 458 DPT dan 48 DPTb.

   

Terkait logistik PSU, Nugie menyebut semua logistik sudah disiapkan di masing-masing kantor Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK)

 

"Alhamdulillah, Logistik PSU sudah tiba di Kantor PPK Bathin Solapan dan PPK Pinggir KAbupaten Bengkalis,"

 

Untuk memastikan kelancaran PSU, KPU Riau melakukan supervisi langsung. Dua Komisioner KPU Riau yakni Joni Suhaidi melakukan Supervisi di Kecamatan Pinggir dan Firdaus di Kecamatan Bathin Solapan.

 

Nugie juhmga menjelaskan bahwa PPK sudah berkeliling ke wilayah TPS yang PSU untuk menyampaikan informasi PSU.

dengan harapan partisipasi pemilih tidak turun.

 

"KPU Riau juga sdh memberi arahan agar C Pemberitahuan Ulang-KWK atau disebut surat undangan memilih, agar disampaikan ke semua pemilih maksimal hari ini," ujar Nugie. 

 

Selain Bengkalis, daerah yang akan melaksanakan PSU adalah Dumai pada Minggu, 13 Desember 2020. Sementara itu terdapat juga di Inhu namun belum mendapat rekomendasi dari Bawaslu Inhu.

 

 

"Untuk kab inhu blm ada rekomendasi Bawaslu. untuk kota dumai sdh ada rekomendasi untuk melaksakanan PSU di tps 32 kelurahan purnama kec dumai barat kota dumai pada hari minggu 13 Desember 2020" Tutup Nugie.