Ini Penjelasan BBKSDA Riau Terkait Video Viral Gajah Tarik Mobil Terkebak Lumpur

gajah-tarik-mobil.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE,PEKANBARU - Sebuah video viral di media sosial, memperlihatkan seekor gajah menarik mobil yang terperosok ke dalam lumpur.

Dari rekaman video berdurasi 30 detik tersebut, terlihat gajah menarik mobil yang terjebak lumpur, di Desa Muara Basung, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah II, Heru Sutmantoro, menyebut, ada dua mobil di lokasi, namun karena tidak bisa menarik akibat tersangkut, terpaksa mendatangkan gajah dari Pusat Latihan Gajah (PLG) guna menarik mobil double cabin tersebut, 19 November 2020.

“Mobil yang ditarik oleh gajah adalah mobil yang sedang membawa obat-obatan untuk gajah yang sakit di PLG, lokasi tersebut sekitar satu kilometer dari PLG, ini adalah upaya darurat yang dilakukan,” ungkap Heru.

Heru, menambahkan, gajah binaan di PLG sesuai dengan kegunaannya untuk penanggulan konflik satwa.

“Gajah tersebut memang dipersiapkan untuk menanggulangi konflik, jadi gajah tersebut tidak dimanja,” ucap Heru Sutmantoro.

Sementara itu, Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati, menjelaskan, situsi saat itu mendesak karena mobil telah terjebak selama dua hari dan tidak dapat melewati jalan berlumpur, maka didatangkanlah gajah binaan dari PLG.