Kesbangpol Sebut Pilkada Serentak di Riau Aman Terkendali

kaharudin.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Kesatuan Bangsa politik (Kesbangpol) Provinsi Riau, Kaharuddin mengatakan konflik horizontal di Pilkada serentak 2020 minim.

Terbatasnya pertemuan karena pandemi dapat meminimalisir pertekuan antar kelompok.

"Sedang dilakukan pendataan. Sampai sejauh ini kondisi aman terkendali. Mungkin juga karena keterbatasan masyarakat berkumpul jadi mungkin lebih aman," ujarnya kepada awak media Jumat, 6 November 2020.

Ia mengatakan, Kesbangpol akan melakukan sosialisasi dan monitoring untuk menjamin persiapan Pilkada serentak di sembilan daerah di Riau.


Di tengah masa pandemi Covid-19, sosialisasi ditekankan kepada Kesbangpol kabupaten/kota dengan lebih banyak menggelar webinar.

Sementara untuk monitoring akan diturunkan tim pengawas dari Kesbangpol Provinsi Riau.

"Dalam memonitoring pelaksaan sendiri, Kesbangpol Riau akan turunkan tim melihat kesiapan kabupaten/ kota," ungkap Kaharuddin.

Selain untuk meminimalisir konflik antar masyarakat sosialisasi di masa pandemi ini akan lebih fokus bagaimana penerapan protokol kesehatan di pelaksanaan Pilkada serentak kali ini.

"Jadi fokusnya adalah sosialisasi Protokol Keseharan di tengah pandemi. Ini kita utamakan agar Pilkada tak jadi klaster baru penyebaran Covid-19," tutupnya.