Jual Minuman, Mantan Manajer Ini Kini Berpenghasilan Rp44 Juta Sebulan

Laksamana-Reborn5.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Namanya Fitra Aidil, pria satu anak memutuskan berhenti bekerja sebagai manejer di salah satu hotel bintang empat di Pekanbaru. Lelaki yang biasa disapa Fitra ini mengatakan, memutuskan berhenti dari pekerjaan karena ingin membangun bisnisnya sendiri.

Di akhir Oktober 2019 Fitra mengundurkan diri, di November 2019, Fitra membuka bisnis minuman Laksamana Reborn. Tentu saja keputusan ini bukan keputusan yang tanpa fikir panjang. Fitra membutuhkan waktu tiga bulan lebih hingga kemudian memantapkan hati untuk meninggalkan pekerjaan yang sudah ia geluti belasan tahun.

“Di pekerjaan lama, sebulan gajinya Rp 13 juta. Sekarang Alhamdulillah dari bisnis laksamana reborn, sebulan bisa Rp 44 juta,” katanya, kepada RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Fitra mengaku memiliki banyak target di dalam hidupnya. Ia melakukan sesuatu dengan penuh pertimbangan. Sebelum memulai membuka usaha minuman, Fitra melakukan observasi terlebih dahulu ke Bundaran Keris (Bunker).

Di Bunker, Fitra melihat-lihat minuman apa saja yang menarik minat pembeli dan tentunya berbeda dari minuman-minuman lainnya. Terinspirasi dari minuman tradisional laksamana mengamuk, Fitra kemudian membuat versi kekinian dari laksamana mengamuk, yakni laksamana reborn.

Awal membuka gerai laksamana reborn ini, banyak sekali masyarakat terutama kawula muda yang tertarik. Di pertengahan Maret 2020, pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Hal ini tentu saja menggoyahkan pelaku usaha, termasuk Fitra.

“Sempat was-was pas awal pandemi, tapi tetap harus optimis,” ujarnya.

Saat PSBB, Bunker tutup total, Fitra mutar otak agar bisnisnya tetap berjalan. Akhirnya Fitra berjualan minuman melalui online. Respon mayarakat ternyata cukup bagus.

Saat bulan puasa pun, Fitra berkeliling dengan mobilnya untuk menjual dan membangun branding minuman laksamana reborn.

“Alhamdulillah peminatnya juga banyak. Saat ini, udah ada beberapa outlet. Di Dumai juga ada. Yang bersama saya, juga sudah ada empat karyawan,” kata Fitra.

Kesuksesan yang diraih Fitra tentu saja berkat dukungan keluarganya. Selain itu, untuk kedepannya, Fitra memiliki target untuk membuka cabang di Tangerang dan Padang.
“Sekaligus juga memperkenalkan minuman tradisional Riau ke luar,” pungkasnya.