Gawat, Pekanbaru Urutan Keenam Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia

wiku.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru masuk dalam daftar 12 kabupaten/kota dengan kasus aktif lebih dari 1.000 orang. Parahnya Kota Pekanbaru merupakan urutan keenam dengan kasus aktif 1.885.

Hal ini diketahui setelah juru bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengupdate data terkait corona di Indonesia. Salah satunya tentang kasus aktif di beberapa kabupaten/kota. Menurut Wiku, masih ada 12 kabupaten/kota dengan kasus aktifnya lebih dari 1.000 orang.

"Pekan ini Kota Padang menjadi kota dengan kasus aktif terbanyak,"ujar Wiku dalam jumpa pers virtual, Kamis 29 Oktober 2020 seperti dikutip dari Kumparan.

Dari data yang di update Prof Wiku, Kota Padang menempati urutan pertama kasus aktif tertinggi yaitu 3.306 kasus, disusul Jakarta Timur dengan 2.663 kasus diurutan kedua. Urutan ketiga Kota Jayapura dengan kasus aktif 2.202 kasus, Jakarta Selatan 2.047 kasus dan Jakarta Barat dengan kasus aktif 1.951 diurutan kelima.

Kota Pekanbaru menyusul diurutan keenam dengan 1.885 kasus aktif, diikuti Kota Bekasi 1.731 kasus dan Kota Depok dengan kasus aktif 1.595 di urutan kedelapan. Kabupaten Bekasi menyusul diurutan kesembilan dengan 1.287 kasus, Jakarta Utara 1.277, Bogor 1.275 kasus dan Jakarta Pusat dengan 1.024 kasus aktif.

Wiku menjelaskan hal ini adalah warning biar pemerintah daerah di 12 wilayah tersebut. Sebab masih banyak warga yang abai protokol kesehatan.

"Ini bukanlah prestasi. Masuknya kabupaten/kota Dalam daftar ini menunjukan masih adanya masyarakat yang abai protokol kesehatan. Oleh karena itu Pemda harus melakukan evaluasi menyeluruh terhadap protokol kesehatan di wilayahnya. Jalan sekali-kali lengah," tutur Wiku.

Selain itu, Wiku meminta Pemda melakukan penegakan protokol kesehata pada masyarakat. Yaitu dengan mengoptimalkan peta Satgas daerah untuk monitoring kedisiplinan tersebut.